PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNMENT GOVERNANCE TERHADAP KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Survey Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bandung)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Good Government Governance terhadap Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya Kinerja SKPD. Target populasinya adalah pegawai struktural dan staf di bagian kepegawaian, dengan demikian yang menjadi target populasi dalam penelitian adalah 31 SKPD di Kabupaten Bandung, dengan responden berjumlah 62 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Metode penarikan sample dalam penelitian ini adalah sample jenuh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory research dengan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana pada taraf signifikansi 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Software Statistical Package for Spesial Sciences (SPSS) Versi 25.0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa Good Government Governance berpengaruh terhadap Kinerja SKPD Kabupaten Bandung dengan nilai koefisien sebesar 56,55 %, hal ini menunjukan bahwa tata kelola pemerintah Kabupaten Bandung telah berjalan baik, namun masih perlu ditingkatkan. Untuk itu diharapkan penerapan Good Government Governance di pemerintahan Kabupaten Bandung di implementasikan secara baik, untuk meningkatkan kinerja pemerintah.
Description
Keywords
Good Government Governance, Kinerja Instansi Pemerintah, SKPD., Good Government Governance, Perfomance of Government Agencies, SKPD.
Citation