PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KUALITAS INFORMASI PENGUPAHAN (Studi Kasus pada PT Multi Garmenjaya Bandung)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Sistem Informasi Akuntansi (SIA) berbasis komputer terhadap kualitas informasi pengupahan di PT Multi Garmenjaya Bandung. Variabel independen dalam penelitian ini adalah SIA berbasis komputer yang diproksikan menjadi pengguna, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan telekomunikasi, sedangkan kualitas informasi pengupahan sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan pada Divisi Produksi PT Multi Garmenjaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Data yang digunakan merupakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah staff administrasi Divisi Produksi PT Multi Garmenjaya, baik Divisi Produksi Pusat maupun Divisi Produksi Perwakilan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive judgement sampling dengan kriteria yaitu staff administrasi yang bertugas melaksanakan atau terkait dengan proses penginputan dan pengolahan data pengupahan. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner pasif secara daring (online) menggunakan fitur Google Forms kepada 42 orang responden dengan tingkat pengembalian kuesioner sebanyak 40 kuesioner (95%). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi 5% dan pengujian data dilakukan dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pengguna pada Divisi Produksi PT Multi Garmenjaya tergolong sangat baik. Kualitas hardware, software, dan telekomunikasi dalam SIA berbasis komputer pada Divisi Produksi PT Multi Garmenjaya masing-masing tergolong baik. Kualitas informasi pengupahan pada Divisi Produksi PT Multi Garmenjaya tergolong sangat baik. Pengujian hipotesis secara parsial menyimpulkan bahwa SIA berbasis komputer yang diproksikan menjadi pengguna, hardware, software, dan telekomunikasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas informasi pengupahan pada PT Multi Garmenjaya.
Description
Keywords
hardware, kualitas informasi pengupahan, pengguna, SIA berbasis komputer, software, telekomunikasi, hardware, wage information quality, users, computer-based SIA, software, telecommunication
Citation