PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP PENGALOKASIAN BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Periode 2015-2018)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1, Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan pertumbuhan ekonomi terhadap belanja modal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya nilai gap yang dapat dikarenakan pemerintah daerah yang kurang mengoptimalkan dalam meningkatkan pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan, nilai produk domestik regional bruto, perolehan asset tetap dan asset lainnya dalam meningkatkan efektivitas belanja modal pada pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat periode 2015-2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat yang dilihat berdasarkan pelaporan Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan periode 2015-2018 yang berjumlah 18 Kabupaten dan 9 Kota. Sedangkan teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode sampling jenuh yaitu semua anggota populasi dijadikan anggota sampel. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan data Eviews 9. Hasil penelitian uji parsial (t) menunjukan bahwa pendapatan asli daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja modal, dana alokasi umum tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja modal dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap belanja modal. Hasil penelitian uji simultan (f) menunjukan bahwa pendapatan asli daerah, dana alokasi umum dan pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja modal.
Description
Keywords
belanja modal, dana alokasi umum, pendapatan asli daerah, pertumbuhan ekonomi, capital expenditures, general allocation funds, local revenue, economic growth
Citation