PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY, DAN CURRENT RATIO TERHADAP RETURN SAHAM (Studi kasus pada Perusahaan Sub – Sektor Perkebunan Kelapa Sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode tahun 2014 – 2018)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Strata Dua (S2) Magister Akuntansi pada Program Pascasarjana Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ukuran Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE) dan Current Ratio (CR) Terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018). Pengambilan putusan investasi dalam saham, investor selalu dihadapkan pada permasalahan apakah tingkat keuntungan yang diharapkan (expected return) telah sesuai/sebanding dengan tingkat risiko yang harus dipikulnya. Artinya agar tidak rugi, investor harus mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari tingkat resiko yang dipikulnya minimal sama. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan metode regresi data panel dengan Random Effect Model (REM) yang diolah menggunakan software Eviews 10. dengan teknik pengumpulan data melalui situs www.idx.co.id. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling, diperoleh 16 perusahaan perkebunan kelapa sawit di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan selama 5 (lima) tahun dari tahun 2014 sampai tahun 2018 Hasil penelitian menunjukkan Debt to Equity Ratio berpengaruh terhadap return saham, Return On Equity berpengaruh Terhadap return saham, Sedangkan Current Ratio tidak berpengaruh terhadap retun saham.
Description
Keywords
Return Saham, Debt to Equity Ratio, Return On Equity, Current Ratio, Stock Return, Debt to Equity Ratio, Return On Equity, Current Ratio
Citation
Collections