PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) DAN PENGELOLAAN ASET TETAP DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada SKPD Kabupaten Bandung Barat).

Loading...
Thumbnail Image
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 pada Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara parsial dan silmutan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dan Pengelolaan Aset Tetap Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah pada seluruh SKPD Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 orang yaitu Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepala Sub Bagian Bidang Aset pada setiap SKPD. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 61 responden. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver.24.00. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial dan simultan menunjukan bahwa Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dan Pengelolaan Aset Tetap Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualiatas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dan Pengelolaan Aset Tetap Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualiatas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 81,8%. terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 18,9% merupakan pengaruh faktor lain di luar variabel.
Description
Keywords
Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), Pengelolaan Aset Tetap Daerah, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah., Of Government Internal Control Systems (SPIP), Management of Local Property Assets, Quality of Local Government Financial Statements
Citation