PENGARUH EKSTENSIFIKASI PAJAK DAN TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN (Studi Kasus Pada KPP Pratama Sumedang)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 pada Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Ekstensifikasi Pajak dan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Tingkat Penerimaan Pajak Penghasilan (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang. Peneliti melakukan penelitian pada KPP Pratama Sumedang periode 2013-2016. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ekstensifikasi pajak dan tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi terhadap tingkat penerimaan pajak penghasilan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang periode 2013- 2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Data diperoleh dari KPP Pratama Sumedang. Dimana populasi dan sampel sebanyak 48 sampel pada KPP Pratama Sumedang periode 2013-2016. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif . Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis korelasi, koefisien determinasi, uji statistik deskriptif serta pengujian hipotesis dan pengolahan data dibantu dengan Software E-Views 8 for Windows. Hasil uji statistik secara parsial menujukkan bahwa ekstensifikasi pajak berpengaruh signifikan terhadap tingkat penerimaan pajak penghasilan. Tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat penerimaan pajak penghasilan .Hasil Uji Koefisien korelasi menunjujan hubungan antara ekstensifikasi dengan penerimaan pajak penghasilan berada dalam kategori kuat, sedangkan hubungan kepatuhan dengan penerimaan pajak penghasilan berada dalam kategori rendah. Secara simultan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara ekstensifikasi pajak dan tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi terhadap tingkat penerimaan pajak penghasilan. Hasil ini menunjukan bahwa ekstensifikasi pajak dan tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi memberikan kontribusi pengaruh sebesar 42,7% terhadap penerimaan pajak penghasilan.
Description
Keywords
Ekstensifikasi Pajak, Tingkat Kepatuhan, Wajib Pajak Orang Pribadi, Tingkat Penerimaan Pajak Penghasilan, Tax Extensification, Compliance Level, Personal Taxpayer, Income Tax Revenue Level
Citation