PENGARUH NILAI PASAR, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN LABA BERSIH TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh nilai pasar yang dihitung menggunakan earning per share, pertumbuhan penjualan dan laba bersih terhadap harga saham. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa perusahaan sektor pertambangan menunjukkan penurunan harga saham ketika laba perusahaan mengalami kenaikan. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian explanatory annual. Populasi penelitian adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 berjumlah 45 perusahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling, berjumlah 25 perusahaan didasarkan pada kriteria yang telah ditetapkan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi model data panel dan pengujan hipotesis-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, earning per share berpengaruh terhadap harga saham, pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap harga saham dan laba bersih berpengaruh terhadap harga saham. Secara simultan earning per share, pertumbuhan penjualan dan laba bersih mempunyai pengaruh terhadap harga saham.
Description
Keywords
Earning Per Share (EPS), Harga Saham, Laba Bersih, Pertumbuhan Penjualan, Earning Per Share (EPS), Net Income, Sales Growth, Stock Price
Citation