PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN (Survey Pada Perusahaan yang Listed di Bursa Efek Indonesia dan Terdaftar PROPER Tahun 2014-2015)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, pertumbuhan perusahaan terhadap kinerja lingkungan. pada perusahaan yang listed di Bursa Efek Indonesia dan terdaftar sebagai peserta PROPER periode 2014-2015. Mekanisme profitabilitas diproksi melalui return on equity. Leverage perusaaann diproksi melalui debt to equity ratio, dan pertumbuhan perusahaan diukur dengan penjualan perusahaan. Kinerja lingkungan dinilai dengan penggunakan peringkat PROPER yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Desain penelitian yang digunakan dengan metode kuantitaif yang menguji hubungan antar variabel melalui pengujian hipotesis. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling pada perusahaan yang listed di Bursa Efek Indonesia dan terdaftar sebagai peserta PROPER 2014 dan 2015. Jumlah sampel dalam penelitian 47 perusahaan dan 94 laporan keuangan perusahaan. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program Eviews 8. Hasil pengujian menunjukan bahwa secara parsial, profitabilitas, leverage, pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap kinerja lingkungan dan secara simultan menunjukan bahwa profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap kinerja lingkungan.
Description
Keywords
Kinerja Lingkungan, Profitabilitas (ROE), Leverage (DER), Pertumbuhan Perusahaan, Environmental Performance, Profitability (ROE), Growth Firm
Citation