Pengaruh Pelatihan terhadap Peningkatan Prestasi Kerja Karyawan pada Kantor Wilayah Usaha Pos V (PT POS Indonesia) Bandung
No Thumbnail Available
Date
2005
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan Universitas Widyatama
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dari waktu ke waktu terus berkembang, hal ini dapat terlihat dengan semakin banyaknya pelaksanaan bentuk-bentuk usaha, dimana dalam melaksanakan usaha tersebut diperlukan tenaga kerja yang mempunyai kemampuan dan keterampilan yang tinggi, untuk memiliki karyawan tersebut, tidaklah mudah, salah satu upaya yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu dengan mengadakan program pelatihan.
Pelatihan merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan untuk memperbaiki dan mengembangkan sikap, tingkah laku, keterampilan serta pengetahuan yang sesuai dengan ketentuan perusahaan dalam usaha mencapai tujuannya, berdasarkan pandangan diatas maka penulis mengadakan penelitian tentang pelatihan pada Kantor wilayah Usaha Pos V (PT. POS INDONESIA) yang melakukan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan karyawannya sehingga dapat meningkatkan prestasi kerja karyawan.
Berdasarkan latar belakang diatas, ruang lingkup pembahasan masalah akan mencakup sebagai berikut :
1. Bagaimana pelaksanaan Pelatihan pada Kantor Wilayah Usaha Pos V (PT. POS INDONESIA) Bandung?
2. Bagaimana Prestasi kerja Karyawan pada Kantor Wilayah Usaha Pos V (PT.POS INDONESIA) Bandung?
3. Seberapa besar Pengaruh pelaksanaan Pelatihan terhadap peningkatan Prestasi kerja Karyawan Kantor Wilayah Usaha Pos V (PT. POS INDONESIA) Bandung?
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, sedangkan analisis pengolahan data menggunakan analisis korelasi rank spearman, analisis determinasi dan pengujian hipotesis.
Dari hasil analisis korelasi rank spearman diperoleh hasil 0,82 yang menunjukan terdapat hubungan yang sangat erat antara pelatihan dan prestasi kerja , sedangkan dari koefisien determinasi diperoleh hasil 38,44%, artinya bahwa faktor program pelatihan berperan meningkatkan prestasi kerja karyawan, dari pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 7,707 dan t tabel = 1,701, ini berarti program pelatihan mempunyai korelasi positif terhadap prestasi kerja, selanjutnya hipotesis mengatakan “ Jika Pelatihan dilaksanakan dengan tepat, maka prestasi kerja karyawan akan meningkat”.
Dengan demikian secara keseluruhan pelaksanaan pelatihan yang dilaksanakan Kantor Wilayah Usaha Pos V (PT.POS INDONESIA) mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi kerja.
Description
Keywords
Pelatihan, Prestasi Kerja, Sumber Daya Manusia