Browsing by Author "Zuraida, Ida"
Now showing 1 - 5 of 5
Results Per Page
Sort Options
- ItemIT-BASED TEACHER - STUDENT INTERACTION : A Way to Enchance Students' Learning(The 3rd International Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 3), 2 Agustus 2010) Zuraida, IdaInformation technology grows rapidly. Its accessibility has reached different levels of ages and scopes of life, including students learning English in universities. Students are generally familiar with technology because it now comes in handy. They can easily connect to the internet by using their cell phones or portable laptops or netbooks through wifies or modems. Warschauer (1996 : 175) writes “Research to date suggest that on-line learning activities are generally quite motivating for language learner ...”. This should wisely be directed to self-learning—they can be made to visit sites where English materials can be accessed to enrich their aspects of English language. They can also be assigned to contact their teacher to report on their work, to ask questions, and submit their work. Therefore, teaching-learning process can be extended outside the classroom. This may give students more time and freedom to learn and choose topics they think essential for their further exploration. This may lead to students’ learning autonomy and eventually may lead to better learning outcome. Based on the above points, this paper will successively discuss: 1. the need to apply IT in teaching English, 2. observed problems encountered by both teachers and students, and 3. proposed solutions to enhance students’ learning outcome.
- ItemStudi Terhadap Magic English (Program Dvd Interaktif): Fokus Pada Fasilitasi Karakteristik Pembelajaran Anak-anak(Universitas Widyatama, 2010) Zuraida, IdaWalt Disney merilis seri DVD pembelajarn Bahasa Inggris Magic English (ME) yang bertujuan untuk membantu anakanak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Hal ini memunculkan pertanyaan apakah ME didesain dengan memperhatikan karakteristik pembelajaran anakanak. jika iya, seri tersebut akan mendapatkan respon positif dari anakanak yang menggunakannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti, karakteristik pembelajaran anakanak yang difasilitasi oleh seri DVD ME dan bagaimana karakteristik tersebut diterjemahkan dalam penyampaian pelajaran dalam seri ME, bagaimana anakanak merespon terhadap seri DVD ME dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan seperangkat metoda untuk mengumpulkan data; observasi, response journal, dan interview. Responden penelitian adalah tujuh siswa SD yang berasal dari enam sekolah di Bandung yang belajar Bahasa Inggris di LBPP LIA Bandung kelas Elementary English for Children3 (EEC3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ME memfasilitasi lima karakteristik pembelajaran anakanak, yaitu belajar dalam kesatuan utuh (learn when kept as a whole), rentang konsentrasi yang terbatas (limited attention span), Fun learning, satu tema dalam satu kesempatan (one thing at a time), cepat menangkap tetapi cepat lupa (learn fast and forget quickly). Karakteristik tersebut difasilitasi dalam bentuk: mempresentasikan aktifitas secara bertahap, alokasi waktu pendek, memiliki topik yang spesifik, memunculkan lagu, tokohtokoh kartun yang lucu dan menarik serta scene yang kocak, dan mendaur ulang materi pelajaran. Karena ME memfasilitasi karakteristik pembelajaran anakanak, maka secara umum respon positif diberikan oleh anakanak selama menonton program multimedia tersebut. Respon positif yang diperoleh dari observasi, response journal, dan interview menyatakan bahwa responden berpartisipasi secara aktif selama menonton dengan cara menyanyi, mengulang kosakata atau ungkapan, dan menjawab pertanyaan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan seri DVD ME bermanfaat bagi anakanak karena memfasilitasi karakteristik pembelajaran anakanak.
- ItemSTUDI TERHADAP MAGIC ENGLISH (PROGRAM DVD INTERAKTIF): FOKUS PADA FASILITASI KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN ANAKANAK(Universitas Widyatama, 2010) Zuraida, IdaWalt Disney merilis seri DVD pembelajarn Bahasa Inggris Magic English (ME) yang bertujuan untuk membantu anakanak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Hal ini memunculkan pertanyaan apakah ME didesain dengan memperhatikan karakteristik pembelajaran anakanak. jika iya, seri tersebut akan mendapatkan respon positif dari anakanak yang menggunakannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti, karakteristik pembelajaran anakanak yang difasilitasi oleh seri DVD ME dan bagaimana karakteristik tersebut diterjemahkan dalam penyampaian pelajaran dalam seri ME, bagaimana anakanak merespon terhadap seri DVD ME dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan seperangkat metoda untuk mengumpulkan data; observasi, response journal, dan interview. Responden penelitian adalah tujuh siswa SD yang berasal dari enam sekolah di Bandung yang belajar Bahasa Inggris di LBPP LIA Bandung kelas Elementary English for Children3 (EEC3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ME memfasilitasi lima karakteristik pembelajaran anakanak, yaitu belajar dalam kesatuan utuh (learn when kept as a whole), rentang konsentrasi yang terbatas (limited attention span), Fun learning, satu tema dalam satu kesempatan (one thing at a time), cepat menangkap tetapi cepat lupa (learn fast and forget quickly). Karakteristik tersebut difasilitasi dalam bentuk: mempresentasikan aktifitas secara bertahap, alokasi waktu pendek, memiliki topik yang spesifik, memunculkan lagu, tokohtokoh kartun yang lucu dan menarik serta scene yang kocak, dan mendaur ulang materi pelajaran. Karena ME memfasilitasi karakteristik pembelajaran anakanak, maka secara umum respon positif diberikan oleh anakanak selama menonton program multimedia tersebut. Respon positif yang diperoleh dari observasi, response journal, dan interview menyatakan bahwa responden berpartisipasi secara aktif selama menonton dengan cara menyanyi, mengulang kosakata atau ungkapan, dan menjawab pertanyaan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan seri DVD ME bermanfaat bagi anakanak karena memfasilitasi karakteristik pembelajaran anakanak.
- ItemTEACHING OUR VERY OWN ENGLISH: IDEAS ON MAKING IT NOT LOOK FOOLISH(2010) Antoni, Ferry; Zuraida, Ida
- ItemUNEARTHING STRATEGIES TO AUGMENT HUMAN RESOURCES COMPETITIVENESS IN THE BUSINESS WORLD: FOCUSING ON THE LANGUAGE ASPECT(De la Salle Lipa Philipines + Universitas Widyatama Bandung, 2011-04-27) Zuraida, IdaLiving in the globalization era has made life competition becomes tighter. People coming from different regions or countries are now possible to compete if they have some good qualities in the business world. To be able to compete and survive in this globalization era, career seekers and professionals must be aware of several essential factors needing to possess. One of which is foreign language mastery. Mastering foreign language, specifically English is inevitable in this globalization and competitive atmosphere (Fuad: 12: 2003). English, considered as one of the must-master foreign languages, plays an indispensible role in many business settings. Its mastery is one of the determining factors for one to enter, compete and survive in the working world. Misunderstanding due to lack of English mastery in the working world might take place. This may cause, minor or even major confusion or misapprehension. To the extreme stage, it may cause business loss. Building on the aforementioned situations, this paper will successively discuss 1. Common problems encountered by Indonesian students learning English 2.Strategies to effective English learning, and 3. Proposed solution to the present practice of English teaching and learning. Keywords: English and strategies