Browsing by Author "Solihin, Hermi"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemPENERAPAN ALGORITMA A* (STAR) UNTUK MENCARI RUTE TERCEPAT DENGAN HAMBATAN(Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika (SELISIK 2016),Universitas Pasundan, 2016-05-28) Syukriyah, Yenie; Falahah; Solihin, HermiAlgorithm A* (Astar) is one of the algorithms included in the category of search methods that has an information (informed search method). This algorithm is very good as a pathfinding process (search path). These algorithms look for the fastest route distance to be taken an initial point (starting point) to object to the destination by comparing the values in this algorithm. The calculation of the heuristic function in these simulations using Manhattan distance heuristic function. To explore the behavior of A* algorithm, we build a simulation using Java programming language. The aim of this research is to establish a simulation application of A* Algorithm for finding the fastest route, and we try to implement it into the case of barriers traffic jam. The result shows that the calculation can prove that the route found in this simulation is the route with the best solution which have the smallest value.
- ItemSIMULASI PENERAPAN ALGORITMA A* (STAR) UNTUK MENCARI RUTE TERCEPAT DENGAN HAMBATAN APABILA TERJADI KEMACETAN LALU LINTAS(Universitas Widyatama, 2014) Solihin, HermiBanyak para pengguna jalan (pengendara) mengubah rute perjalanan untuk menghindari kemacetan agar dapat mencari rute tercepat. Pencarian rute tercepat ini merupakan suatu permasalahan yang sering muncul pada pengguna kendaraan, karena para pengguna kendaraan memerlukan solusi untuk mendapatkan rute atau jalur tempuh tercepat. Untuk itu dilakukan penelitian dengan membangun sebuah simulasi dalam penerapan pencarian rute perjalanan. Penelitian tugas akhir ini berkenaan dengan pembuatan Simulasi Penerapan Algoritma A* untuk Mencari Rute Tercepat dengan Hambatan Apabila terjadi Kemacetan Lalu Lintas serta membuktikan bahwa rute yang dilewati merupakan rute yang terbaik dengan beban nilai terkecil. Algoritma A* (Astar) merupakan salah satu algoritma yang termasuk dalam kategori metode pencarian yang memiliki informasi (informed search method). Algoritma ini juga salah satu algoritma pencarian yang cukup popular dikalangan pemrogram. Algoritma ini sangat baik sebagai solusi proses pathfinding (pencari jalan) . Algoritma ini mencari jarak rute tercepat yang akan ditempuh suatu point awal (starting point) sampai ke objek tujuan dengan membandingkan nilai nilai yang ada pada algoritma ini. Perhitungan fungsi heuristic di simulai ini menggunakan fungsi heuristic manhattan distance. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan simulasi ini menggunakan bahasa pemrograman java. Metode yang digunakan dalam menganalisis dan merancang sistem menggunakan perancangan USDP (Unified Software Development Process) dengan tools UML (Unified Modeling Language). Hasil dari penelitian ini adalah dapat membangun sebuah Simulasi Penerapan Algoritma A* untuk Mencari Rute Tercepat dengan Hambatan Apabila terjadi Kemacetan Lalu Lintas. Serta setelah dilakukan perhitungan, rute perjalanan yang ditemukan dalam simulasi ini merupakan rute dengan solusi terbaik dengan nilai yang terkecil.