Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Siswanto, Joko"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    MODEL KONSEPTUAL AKTIVITAS KNOWLEDGE SHARING ANTAR DOSEN DI PERGURUAN TINGGI DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN
    (Seminar Nasional TEKNOIN 2012, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, 2012-11-12) Boediprasetya, Agoestiana; Siswanto, Joko; Sutoko, Mame S.; Suryadi, Kadarsah
    Perguruan tinggi merupakan organisasi yang berbasis pengetahuan (knowledge-base organization). Penelitian akhir-akhir ini menunjukkan bahwa organisasi, terutama yang berbasis pengetahuan, memperoleh manfaat yang besar dengan menerapkan knowledge management. Sementara itu tahap kritis untuk keberhasilan implementasi knowledge management adalah knowledge sharing, dengan demikian aktivitas knowledge sharing merupakan hal yang sangat diperlukan. Aktivitas knowledge sharing pada perguruan tinggi antara lain terjadi di antara para dosen dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya bidang penelitian. Mengingat penelitian adalah kegiatan yang syarat dengan pengetahuan, maka kinerja penelitian yang masih rendah setidaknya dipandang dari jumlah penelitian yang dihasilkan dosen, boleh jadi disebabkan oleh aktivitas knowledge sharing yang kurang efektif. Penelitian ini menggali aktivitas knowledge sharing yang terjadi di antara para dosen dalam rangka melaksanakan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah menemukan suatu model konseptual untuk aktivitas knowledge sharing yang dapat memberikan kontribusi bagi kinerja penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian awal dengan mempelajari literature dan sistem nyata yang terjadi. Dari penelitian ini diperoleh model konseptual aktivitas knowledge sharing yang terdiri atas 3 dimensi yaitu tipe knowledge, metode sharing, dan effort. Tipe knowledge terdiri atas 3 tipe yaitu administration knowledge, tool knowledge, dan academic knowledge. Metode sharing terdiri atas person from/create document, person from/to person, dan person from/to group. Intensitas effort merupakan variabel anteseden bagi intensitas sharing atas berbagai tipe knowledge dan metode yang digunakan. Selain itu, ditemukan pula variabel yang bertindak sebagai enabler yaitu budaya dan tingkat penggunaan teknologi informasi.

PTI copyright © 2002-2025

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback