Browsing by Author "Siregar, Alvii T.B"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemFILM DOKUMENTER SEBAGAI PROYEK AKHIR ESSAY WRITING 2: METODE PEMBELAJARAN INQUIRY MODEL(Universitas Widyatama, 25 Februari 2010) Siregar, Alvii T.BLulusan universitas yang diharapkan adalah kaum profesional yang siap menggunakan landasan teori serta keterampilan di lingkungan kerjanya. Menurut tuntutan pasar kerja, kesiapan tersebut lebih dihargai bila lulusan mempunyai portfolio dan pengalaman kerja. Namun kurikulum yang padat tidak jarang menghasilkan sistem pembelajaran yang bukan menggali keterampilan mahasiswa dalam bahasa maupun incorporation of knowledge, apalagi menghasilkan karya yang dapat dijadikan portfolio, suatu added value yang dapat meningkatkan daya saing lulusan. Dengan memberdayakan IT dalam perkuliahan, mahasiswa didorong untuk menyerap pengetahuan mereka, seperti bahasa Inggris, ke dalam ketrampilan utama yang sedang mereka pelajari. Sebagai contoh, pembuatan film dokumenter pendek sebagai tugas akhir memberikan insentif fun, educational and purposeful experience: mahasiswa menyampaikan sesuatu yang nyata di dunia sekelilingnya dan pada saat bersamaan menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris, keterampilan multimedia serta membangun portfolio tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Metode ini mendukung taksonomi Bloom era Digital serta inquiry model pembelajaran.
- ItemMAKING DOCUMENTARY FILMS: BEYOND A FINAL WRITING CLASS PROJECT(2010-05-17) Siregar, Alvii T.BThe integration of IT into education is making great impacts in today’s teaching-learning process. It facilitates teachers in conducting their classes with ways traditional methods could not accomplish. As IT is increasingly accessible and user-friendly, it encourages a shift of teaching methods from the traditional (industrial) model to a more modern (inquiry) model. The shift entails a new orientation in classroom objectives, teaching-learning activities, and evaluation. As an example, a writing class may have an objective of improving the students’ writing skills by conducting a short documentary filmmaking project as part of its evaluative method. In order for the project to succeed, certain support systems must be established and such establishment may prove cumbersome without the presence of IT. This research explores to what extent IT can assist a collaborative learning classroom achieve the objectives and innovate methods of learning that literally brings the real world into the classroom.