Browsing by Author "Saputra, Dwi"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemPEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI DESA BAGI APARATUR & MASYARAKAT DESA CIWARUGA (Studi kasus : Desa Ciawaruga, Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat)(Universitas Widyatama, 2021-12) Istambul, Muhammad Rozahi; Supriadi, Hari; Aminuddin; Irwansyah, Wandhi; Rahmat, Hadian; Saputra, Dwi; Krishna S, Made Gde Vidya; Khasanah, Septiani Nur; Fauzi, Muhammad Rizky; Mulyani, Laras; Hardiana, RizkyPenelitian ini merupakan bagian dari Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Dikti Ristek Tahun 2021. Oleh karena itu diperlukan keterlibatan sejumlah mahasiswa yang akan difatrakan dalam program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), dalam hal ini untuk memenuhi indikator kinerja utama (IKU) mengenai pembelajaran kolaboratif. Tentunya, peran mahasiswa tersebut akan membantu dalam penyelesaian penelitian mengenai sistem informasi desa (SID) berbabasis digital. Hasilnya akan memberikan dampak pengalaman dan pengakuan dari pihak masyarakat dan pemerintah Desa Ciwaruga mengenai kontribusi yang telah dilakukannya. Penelitian ini akan menjadikan objeknya pada suatu pemerintah desa, yakni Desa Ciwaruga Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Sebagai sasarannya pada kegiatan rutin aparat desa dan masyarakat di Desa Ciwaruga. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian ini ditawarkan pada mahasiswa yang sedang melaksanakan MBKM, sehingga dapat lebih fokus dan optimal untuk objek implementasinya dalam menjalankan program MBKM, yang nantinya dikaitkan pada IKU kolaboratif pembelajaran. Lebih lanjut, seluruh perencanaan pembangunan sistem informasi desa akan dijadwalkan berdasarkan tahapan dalam metodologi pembangunan sistem informasi, yang meliputi survey pada objek desa; analisis situasi dan permasalahan; perancangan dan desain sistem informasi; database; coding; uji coba; hingga pendataan. Keseluruhan dari kegiatan penelitian ini akan menghasilkan luaran meliputi aplikasi SID, kegiatan uji coba dan pendataan SID, media digital, publikasi ilmiah, hasil rekognisi mahasiswa MBKM, dan laporan akhir penelitian. Keseluruhan aktifitas kegiatan penelitian yang telah dibantu pendanaannya dari Ditjen Dikti Ristek ini, sebagai wujud dukungan Universitas Widyatama dalam memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh stakeholder yang terkait dalam penelitian ini. Sehingga pemahaman dan penerapan dari sutau program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dapat menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mahasiswa yang akan menjalankan proses pendidikannya.
- ItemPERANCANGAN UI/UX APLIKASI PERSURATAN SIDUTAMA DENGAN METODE DESIGN THINKING(Program Studi Sistem Informasi, Universitas Widyatama, 2022) Saputra, Dwi“SIDUTAMA” dirancang karena ketidakpuasan di kalangan warga desa Ciwaruga yang merasa pengajuan surat kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah perancangan desain antarmuka pada aplikasi persuratan, menghasilkan perancangan desain antar muka pada aplikasi persuratan yang mudah untuk di development. Maksud dari tujuan ini yaitu agar dapat mempermudah masyarakat desa untuk dapat melakukan proses pengajuan persuratan dengan mudah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang berpusat pada manusia yaitu metode Design Thinking. Design Thinking sangat berguna dalam mengatasi masalah-masalah yang tidak jelas atau tidak dikenal, dengan melakukan reframing masalah dengan cara-cara yang berpusat pada manusia, menciptakan banyak ide dalam brainstorming, dan mengadopsi pendekatan langsung dalam pembuatan prototype dan testing. Sebuah rancangan tampilan antar muka dari sebuh aplikasi persuratan SIDUTAMA atau biasa disebut dengan UI User Interface. Tampilan dibuat sesederhana mungkin agar pengguna aplikasi nantinya tidak merasa kesulitan. Pembuatan desain UI yang User Friendly didorong oleh data yang penulis dapatkan ketika proses wawancara dengan salah satu warga desa Ciwaruga. SIDUTAMA memiliki fitur utama yaitu pengajuan surat dan pantau proses pengajuan surat. Membuat tampilan desain antar muka pada aplikasi persuratan menggunakan tools figma, menghasilkan desain UI yang dapat dengan mudah untuk bisa di develop dan juga Menghasilkan rancangan prototype sehingga prototype biasanya dibuat sebagai model untuk tujuan demonstrasi atau sebagai bagian dari proses pengembangan atau pembuatan sebuah perangkat lunak.