Browsing by Author "Rifki, Muhammad"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemPENGARUH FAKTOR-FAKTOR ATRIBUT PRODUK WISATA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE MUSEUM MANDALA WANGSIT SILIWANGI BANDUNG(Program Studi Manajemen S1 Universitas Widyatama, 2016) Rifki, MuhammadPenelitian ini berjudul Pengaruh Faktor-faktor Atribut Produk Wisata Terhadap Proses Keputusan Wisatawan Berkunjung ke Museum Mandala Wangsit Siliwangi Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden mengenai atribut produk wisata Museum Mandala Wangsit Siliwangi, mengetahu tanggapan respinden mengenai proses keputusan wisatawan berkunjung ke Museum Mandala Wangsit Siliwangi serta mengetahu seberapa besar pengaruh atribut produk wisata terhadap proses keputusan wisatawan berkunjung ke Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verikatif. Tehnik pengumpulan data terdiri dari pengamatan langsung, kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel berjumlag 98 responden. Tehnik analisa yang digunakan adalah regresi linear berganda. Tanggapan responden mengenai atribut produk wisata secara keseluruhan dikatakan baik. Atribut produk wisata berpengaruh sebesar 68,3% dan sisanya sebesar 31,7% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa secara keseluruhan atribut produk wisata MuseumMandala Wangsit Siliwangi berpengaruh terhadap proses keputusan wisatawan berkunjung ke Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Aksesibilitas memberikan pengaruh paling besar.
- ItemPENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BARAYA TRAVEL (Survey Pada Konsumen Baraya Travel)(Universitas Widyatama, 2010) Rifki, MuhammadDalam penyusunan skripsi ini penulis melakukan penelitian pada Baraya Travel untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Baraya Travel. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode survei, dimana variabel yang akan diuji adalah variabel kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen, teknik pengumpulan data berupa penelitian lapangan dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner yang dilakukan dengan teknik accidental sampling. Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan rumus korelasi rank spearman’s. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan baik, ini dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 3,69 yang berada dalam interval 3,40 – 4,19. Dan tanggapan responden tentang kepuasan konsumen atas pelayanan juga baik, ini pun dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 4,36 yang berada dalam interval 4,20 - 5,00. Selanjutnya, terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen yaitu sebesar 0.625. Adapun besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah 39%. Variabel y dapat di prediksi berdasarkan persamaan regresi Ŷ = -34,602 + 0,680 X . Dari persamaan regresi linier berganda diatas diperoleh nilai konstanta sebesar -34,602. Artinya, jika tingkat kepuasan konsumen tidak dipengaruhi oleh variabel bebasnya (Kualitas pelayanan), maka besarnya rata-rata tingkat kepuasan konsumen akan bernilai sebesar -34,602. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 7,923 > 1,661, berdasarkan perbandingan dapat disimpulkan bahwa maka Ho ditolak atau berarti terdapat hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen atau hubungannya searah.