Browsing by Author "Palupi, Karenina"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPENERAPAN BUDAYA KERJA JEPANG di PT. AKAL CAHAYA MEDIA (ACM) ACM の 有限会社の仕事のしきたり(Perpustakaan Universitas Widyatama, 2008-07) Palupi, KareninaSalah satu syarat dalam menyelesaikan Pendidikan Program Diploma III Program Studi Bahasa Jepang pada Fakultas Bahasa Universitas Widyatama adalah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan adalah untuk mengetahui bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya dan mempraktekan ilmu yang sudah didapat selama di bangku kuliah. Hasil yang diperoleh selama melaksanakan praktek kerja tersebut kemudian dituangkan ke dalam tulisan yang berbentuk laporan. Penulis melaksanakan praktek kerja selama 100 jam terhitung sejak tanggal 4 Februari sampai dengan 12 maret 2008 di. PT. Akal Cahaya Media (ACM) yang beralamat di Jl. Pangkur no. 20 Bandung. PT. ACM merupakan perusahaan milik orang Jepang dan baru berdiri dua tahun yang lalu. Perusahaan ini adalah perusahaan yang memproduksi majalah karirUp, Peta Wisata Belanja Bandung dan peta Living Guide. Selama praktek kerja penulis ditempatkan di bagian marketing support yang tugasnya antara lain menyusun data-data pencari kerja yang masuk ke karirUp dan memasukan (input) ke dalam database serta mencari data-data lowongan kerja di koran-koran dan memasukannya kedalam website karirUp Selama praktek kerja penulis banyak mempelajari hal-hal baru antara lain tentang proses pembuatan majalah dan peta serta tentang budaya kerja Jepang yang diterapkan di PT. ACM. Budaya kerja tersebut antara lain disiplin terhadap waktu, kerjasama kelompok atau team work, Horensou, Chourei dan gerakan 3S+1S (Seiri, Seiton, Seisou dan Shuukan). Penerapan dan pelaksanaan budaya kerja Jepang di PT. ACM dilakukan secara bertahap dan sudah berjalan meskipun belum optimal. Penulis berharap dengan pengalaman yang diperoleh selama melaksanakan praktek kerja lapangan dapat bermafaat untuk bekerja dimasa yang akan datang, khususnya bagi penulis dan pada umumnya bagi pembaca.