Browsing by Author "Mukti, Iqbal Yulizar"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemIDENTIFIKASI KEKURANGAN KANBAN MANUAL DENGAN METODE 5S PADA PT. EDC BAGIAN TESTING(Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis (SNAB), Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, 2017-07-20) Leoni, Farahdhina; Firdaus, Oktri Mohammad; Mukti, Iqbal YulizarPT EDC adalah perusahaan nasional yang menyediakan layanan dalam bidang pengembangan atau development, pengujian serta pembuatan dies dan mold untuk otomotif khususnya komponen-komponen otomotif kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. Segmen pasar terbesar perusahaan adalah pasar pabrikan otomotif (OEM atau Original Equipment for Manufacturer) dan pasar suku cadang pengganti (REM atau Replacement Market). Monitoring proyek dan loading man power yang terdapat di bagian Testing masih menggunakan kartu proyek (Kanban Manual) dan papan control. Perkembangan proyek dan loading man power untuk mengawasi aktivitas yang sedang dikerjakan oleh setiap engineer, technician atau operator. Penggunaan monitoring proyek dan loading man power saat ini membutuhkan waktu yang relative banyak dalam penerapannya. Masalah yang terjadi karena belum optimalnya keteraturan dalam pengisian kartu project yang disebabkan kesibukan masing-masing karyawan dalam bekerja sehingga menyulitkan dalam pengisian kartu proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mencari sebuah tool yang tepat yang tidak memerlukan waktu banyak untuk melakukan monitoring proyek dan loading man power serta melakukan pembaharuan setiap harinya. Mengidentifikasi kendala-kendala dalam penggunaan kartu kanban dengan menggunakan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, didapatkan penyebab utama kurang tepat dan effisiennya penggunaan Kartu Kanban.
- ItemLESSONS LEARNED TO INCREASE THE DIGITAL STARTUPSSUCCESS RATE(Journal of Advanced Research in Dynamical & Control Systems, Vol. 11, 03-Special Issue, 2019) Mukti, Iqbal Yulizar; Wibowo, Ari Purno Wahyu; Galih, SavitriPurpose:The purpose of this paper is to explore the lessons learned to increase the startups’ success rate based on a case study in Selurup, a digital startup worked on food delivery services. Design/methodology/approach: To systematically identify the lessons learned, and this paper adopts the hypothesis-driven entrepreneurship framework. Guides by research questions described in the introduction section, the lessons learned are elaborated by using interviews with the co-founder. Findings: Research in this paper, ultimately suggest the emerging digital startups to follow the hypothesis-driven entrepreneurship framework as the structured approach to face the extreme uncertainty that typically faced by the startups. Research limitations/implications: Research in this paper explores the lessons learned only from one startup. Consequently, the lesson learned might not represented all the startups in Indonesia. Practical implications: It is expected that the lessons learned from this research can give positive contribution to increase the emerging digital startups success rate. Originality/value: This study academically explores the lesson learned especially from the emerging digital startups, following the hypothesis-driven entrepreneurship framework.