Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Julian, Cindy Cintiana"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BAHASA JEPANG KELAS XI IPA 3 SMAN 1 PASAWAHAN
    (Program Studi Bahasa Jepang D3 Fakultas Bahasa Universitas Widyatama, 2019) Julian, Cindy Cintiana
    Penulis melaksanakan PKL di SMAN 1 Pasawahan yang dilaksanakan terhitung sejak tanggal 12 Maret 2019 s.d. 16 April 2019. SMAN 1 Pasawahan berlokasi di Jl. Terusan Kapten Halim, Kp. Sukamaju, Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41172. Tujuan dari Praktik Kerja Lapangan ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar bahasa Jepang kelas XI IPA 3 SMAN 1 Pasawahan, baik secara internal (faktor yang berasal dari dalam diri siswa) atau secara eksternal (faktor yang berasal dari luar diri siswa). Penulis menggunakan metode deskriptif yaitu suatu metode untuk pembuatan laporan melalui pengamatan langsung di lapangan dan pengumpulan data dari pihak sekolah yang bersangkutan, serta dari angket. Data yang digunakan oleh penulis adalah data hasil ulangan harian di semester 1 tahun ajaran 2018/2019 kelas XI IPA 1 ~ XI IPA 5, serta angket yang diberikan kepada XI IPA 3 sebagai responden. Kesimpulan dari Laporan Tugas Akhir ini diperoleh bahwa faktor internal dan faktor eksternal sama-sama menjadi penyebab kesulitan belajar bahasa Jepang kelas XI IPA 3 SMAN 1 Pasawahan. Faktor internal yang menjadi penyebab adalah kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Jepang. Hal ini ditunjukan dengan sedikitnya jumlah siswa yang mempunyai buku mata pelajaran bahasa Jepang di luar buku Lembar Kerja Siswa (LKS) yang diberikan oleh sekolah. Kemudian dari faktor bakat, siswa mengalami kesulitan pada saat mengikuti mata pelajaran bahasa Jepang karena merasa bahwa bahasa Jepang bukan merupakan mata pelajaran yang mudah. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi penyebab kesulitan belajar bahasa Jepang adalah kurangnya kepedulian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan sedikitnya orang tua yang mengingatkan anaknya untuk belajar bahasa Jepang.

PTI copyright © 2002-2025

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback