Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Ganesha, Dicky"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    ANALISIS SHOURYAKU/PEMENDEKAN DALAM ANIME RELIFE (Kajian Morfologi) アニメ「リライフ」における省略の分析 (形態論の研究)
    (Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Ganesha, Dicky
    Bahasa adalah sistem lambang bunyi arbitrer yang digunakan sebagai alat komunikasi yang sebagai perantara untuk berinteraksi dengan masyarakat secara individu mau pun kelompok. Dalam bahasa Jepang terdapat salah satu aspek yang harus diperhatikan yaitu kata. Pada kata tersebut terdapat proses pemendekan dengan menyingkatkan suatu kata namun masih memiliki arti yang sama seperti kata asalnya yang disebut dalam bahasa Jepang yaitu shouryaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Jenis kata apa saja yang mengalami shouryaku yang terdapat dalam anime ReLIFE. (2) Bagaimana proses pembentukan jenis shouryaku yang terdapat dalam anime ReLIFE. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah anime ReLIFE. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik dasar yaitu teknik simak bebas libat cakap. Kemudian metode analisis data menggunakan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung. Setelah data dianalisis, peneliti menyajikan hasil analisis data dengan menggunakan metode secara informal. Penelitian ini membahas proses shouryaku/pemendekan pada anime ReLIFE. Hasil dari penelitian ini data yang ditemukan terdapat 25 data yang termasuk jenis kata dalam bahasa Jepang. Jenis kata yang ditemukan terbagi menjadi tiga yaitu wago sebanyak 16 data, kango sebanyak 3 data, dan gairaigo sebanyak 6 data. Kemudian data tersebut dikelompokkan melalui proses pembentukan shouryaku pada anime ReLIFE. Proses pembentukan shouryaku terbagi menjadi tiga yaitu tanshiki shouryaku sebanyak 22 data, fukushiki shouryaku sebanyak 3 data, dan bentuk penyederhanaan istilah panjang tidak ditemukan.

PTI copyright © 2002-2025

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback