Browsing by Author "Fadhilah, Haura Khansa"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemPENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi Kasus pada PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Utama Kota Bandung)(Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama, 2023) Fadhilah, Haura KhansaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh audit internal terhadap penerapan good corporate governance di PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Bandung. Factor-faktor yang diuji dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu audit internal, sedangkan variabel dependen yaitu penerapan good corporate governance. Penelitian ini menggunakan metode explanatory. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari Divisi SDM & Umum, Divisi Layanan, dan Divisi Keuangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 30 responden. Alat statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu analisis regresi linear sederhana dengan taraf signifikan yang digunakan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa audit internal berpengaruh terhadap penerapan good corporate governance berpengaruh, sedangkan besarnya pengaruh audit internal terhadap penerapan good corporate governance melalui nilai R-Square dari model regresi dapat dilihat bahwa audit internal (X) dapat menjelaskan penereapan good corporate governance (Y) di PT TASPEN (Persero) KCU Bandung sebesar 57,7%.
- ItemPERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT PADA UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASI SERBA USAHA RW 05 BUKIT LIGAR(Program Studi Akuntansi D3 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama, 2021) Fadhilah, Haura KhansaKoperasi Serba Usaha RW 05 Bukit Ligar memiliki 3 (tiga) unit usaha yang salah satunya adalah Unit Simpan Pinjam. Kegiatan utama yang dilakukan oleh unit simpan pinjam ini adalah pemberian kredit pada anggotanya, namun terdapat resiko ketika koperasi memberikan pemberian kredit yaitu resiko terjadinya kredit macet. Karena itu, dalam pemberian kredit koperasi harus berhati-hati. Dengan sistem pemberian kredit yang tepat maka akan mengurangi terjadinya resiko kredit macet dan permasalahan lainnya. Laporan tugas akhir ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi yang sedang berjalan dan membuat rancangan sistem informasi yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam pengamatan ini adalah metode deskriptif, teknik yang digunakan pada studi lapangan yaitu pengamatan, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis sistem pemberian kredit pada Koperasi Serba Usaha RW 05 Bukit ligar dapat disimpulkan bahwa aturan pemberian kredit masih belum sederhana, pemisahan tugas fungsi customer service dan admin pinjaman belum sesuai, kurang maksimalnya menerapkan prinsip 5C saat menganalisa kredit, dan belum meminimalisir penggunaan kertas. Oleh karena itu, penulis merancang sistem pemberian kredit yang bisa mengurangi risiko terjadinya permasalahan saat pemberian kredit.