Browsing by Author "Abinowi, Egi"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemMONITORING DANA CSR BUMN UNTUK PEMBERDAYA UMKM(Universitas Widyatama, 2015) Abinowi, EgiTerjadinya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menerima dana bantuan lebih dari satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam waktu yang bersamaan, di sertakan dengan UMKM yang tidak memiliki pengetahuan untuk melakukan pembuatan dan pengiriman proposal sehingga menyebabkan UMKM yang diberi bantuan oleh BUMN tidak tepat sasaran. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibutuhkan aplikasi yang menyediakan media penghubung antara UMKM dengan pihak sponsor, yaitu perusahaan BUMN. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi Monitoring Dana CSR BUMN untuk Pemberdaya UMKM antara lain dengan cara menganalisa data yang ada, menggambarkan alur sistem dengan menggunakan model waterfall dan pendekatan object oriented dengan menggunakan unified modeling language (UML). Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP sehingga aplikasi ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Aplikasi ini dirancang agar menjadi media sosialisasi cara pengajuan pendanaan, BUMN dapat meng-cluster jenis UMKM dan menjadi sarana pengajuan dana CSR Perusahaan BUMN bagi UMKM.
- ItemRELIABILITY MEASUREMENT OF LEARNING OUTCOME USING K-MEANS CLUSTER TECHNIQUE(International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol.24, Issue 02, 2020) Istambul, Muhammad Rozahi; Abinowi, EgiE-Learning has begun to be widely used in universities in Indonesia. However, various obstacles are commonly encountered in its implementation such as infrastructure and learning design. Usually, the problem of providing infrastructure is adjusted to the ability of a university to procure needs according to the conditions in the field. This is very different from the design of E-Learning which demands a change in pedagogical paradigm in the interaction between lecturers and students. Learning outcomes of a single course at the university under study are often not optimal/reliable and tend to indicate passive student participation in faceto-face activities in class. Therefore, the design of E-Learning is very important to be made in such a way that the level of student participation becomes higher and results in reliable learning outcomes. Reliability is measured using the K-means Cluster techniqueby monitoring the extent to which students interact in using E-Learning facilities.