ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG

Abstract
Proses belajar mengajar pada suatu universitas, merupakan upaya untuk mengembangkan kemampuan serta kepribadian mahasiswa yang dalam hal ini merupakan tanggung jawab semua pihak (institusi universitas, fakultas, program studi, dosen, serta mahasiswa itu sendiri). Program Studi dalam hal ini melalui para dosennya mempunyai peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan motivasi, minat, dan disiplin mahasiswa dalam belajar. Mengetahui faktor-faktor motivasi belajar merupakan langkah awal sebagai upaya menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa serta memperbaiki proses belajar mengajar. Dengan demikian mahasiswa akan merasa senang dan terpanggil untuk lebih meningkatkan mutu pembelajaran agar dapat mencapai prestasi belajar secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana motivasi belajar mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung, (2) menganalisis dan mengetahui faktor apa yang paling dominan menentukan motivasi belajar mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung. Penelitian ini mengambil sampel 330 mahasiswa Program Studi S1 dan D3 Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung sebagai responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis statistik menggunakan metode deskriptif analitis dan teknik Analisis Faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara keseluruhan motivasi belajar mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama adalah baik, hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata yang diperoleh dari jawaban seluruh responden pada seluruh pernyataan yang diajukan melalui kuesioner menunjukkan nilai sebesar 3,4 yang berada pada kisaran 3.4 – 4.1 yang menunjukkan interpretasi tanggapan responden baik, (2) dari empat faktor motivasi belajar yang diidentifikasi menggunakan model ARCS, berdasarkan analisis faktor, ditemukan enam faktor motivasi belajar mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama, yaitu pengembangan diri (self actualization), satisfaction, relevance, confidence, penghargaan (self esteem), dan attention, (3) dari enam faktor utama yang terbentuk dari hasil analisis faktor tersebut, dapat dinyatakan bahwa faktor utama 1 yang paling dominan menjadi penentu motivasi belajar mahasiswa, yaitu ditunjukkan oleh nilai SRW paling tinggi sebesar 2,354. Faktor utama 1 tersebut adalah faktor pengembangan diri (self actualization).
Description
Keywords
Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction, Self Actualization, Self Esteem
Citation
Collections