WORKING PAPER

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 36
  • Item
    LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PROGRAM KEMPETISI KAMPUS MERDEKA (PKKM TAHUN 2022)
    (Universitas Widyatama, 2023-09-08) Istambul, Muhammad Rozahi
    Pada tahun 2022, program ISS-MBKM (PKKM DIKTI 2022) mengalokasikan dana untuk enam program yang mencakup: a) Tata Kelola MBKM, b) Pembuatan Command Centre, c) Pembangunan Sistem ISS-MBKM, d) Kampus Mengajar, e) Magang, dan e) Studi Independen melalui pemenang dari Universitas Widyatama. Sejak awal penerimaan hibah ISS-MBKM tahun 2022, Task Force tidak diberikan kewenangan dalam melaksanakan program-program tersebut dan hanya menerima Surat Keputusan pelaksana kegiatan ISS-MBKM yang ditetapkan langsung oleh pihak rektorat tanpa dikomunikasikan dengan Task force yang menyusun proposal ISS-MBKM. Sebagai hasilnya, Ketua Pelaksana yang telah ditetapkan tersebut melaksanakan mekanisme kebijakan, pelaksanaan, hingga monev terkait seluruh program yang telah diusulkan dalam proposal. Pelaksanaan program ISS-MBKM dimulai dengan pengumuman pemenang hibah, pelaksanan seluruh program, hingga pemantauan dan evaluasi (Monev), dan laporan akhir yang dilakukan bersama DIKTI. Seluruh kebijakan, perencanaan, pelaksanan, serta pendistribusian anggaran program dilakukan oleh Ketua Pelaksana yang mana melibatkan anggotanya yang berasal dari Biro Keuangan dan Pengendali Mutu Widyatama, tentunya juga dikoordinasikan langsung dengan Wakil Rektor I sebagai pengarah kegiatan. Sedangkan task force hanya diberikan kewenangan memonitor pelaksanaan pembuatan peralatan command centre (hardware) dan aplikasi sistem informasi ISS-MBKM. Namun saat ini Task Force diminta untuk menyusun Laporan Pertanggungjawaban atas pelaksanaan program ISS-MBKM tahun 2022, meskipun tidak memiliki data yang rinci mengenai pelaksanaan keseluruhan program termasuk penganggaran. Dalam hal ini Task Force telah menyampaikan pula kepada Ketua Pelaksana ISS-MBKM tahun 2022 untuk dapat melaporkan ke task force seluruh pertanggungjawaban terkait pelaksanaan program yang telah berlangsung.
  • Item
    PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI DESA BAGI APARATUR & MASYARAKAT DESA CIWARUGA (Studi kasus : Desa Ciawaruga, Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat)
    (Universitas Widyatama, 2021-12) Istambul, Muhammad Rozahi; Supriadi, Hari; Aminuddin; Irwansyah, Wandhi; Rahmat, Hadian; Saputra, Dwi; Krishna S, Made Gde Vidya; Khasanah, Septiani Nur; Fauzi, Muhammad Rizky; Mulyani, Laras; Hardiana, Rizky
    Penelitian ini merupakan bagian dari Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Dikti Ristek Tahun 2021. Oleh karena itu diperlukan keterlibatan sejumlah mahasiswa yang akan difatrakan dalam program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), dalam hal ini untuk memenuhi indikator kinerja utama (IKU) mengenai pembelajaran kolaboratif. Tentunya, peran mahasiswa tersebut akan membantu dalam penyelesaian penelitian mengenai sistem informasi desa (SID) berbabasis digital. Hasilnya akan memberikan dampak pengalaman dan pengakuan dari pihak masyarakat dan pemerintah Desa Ciwaruga mengenai kontribusi yang telah dilakukannya. Penelitian ini akan menjadikan objeknya pada suatu pemerintah desa, yakni Desa Ciwaruga Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Sebagai sasarannya pada kegiatan rutin aparat desa dan masyarakat di Desa Ciwaruga. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian ini ditawarkan pada mahasiswa yang sedang melaksanakan MBKM, sehingga dapat lebih fokus dan optimal untuk objek implementasinya dalam menjalankan program MBKM, yang nantinya dikaitkan pada IKU kolaboratif pembelajaran. Lebih lanjut, seluruh perencanaan pembangunan sistem informasi desa akan dijadwalkan berdasarkan tahapan dalam metodologi pembangunan sistem informasi, yang meliputi survey pada objek desa; analisis situasi dan permasalahan; perancangan dan desain sistem informasi; database; coding; uji coba; hingga pendataan. Keseluruhan dari kegiatan penelitian ini akan menghasilkan luaran meliputi aplikasi SID, kegiatan uji coba dan pendataan SID, media digital, publikasi ilmiah, hasil rekognisi mahasiswa MBKM, dan laporan akhir penelitian. Keseluruhan aktifitas kegiatan penelitian yang telah dibantu pendanaannya dari Ditjen Dikti Ristek ini, sebagai wujud dukungan Universitas Widyatama dalam memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh stakeholder yang terkait dalam penelitian ini. Sehingga pemahaman dan penerapan dari sutau program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dapat menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mahasiswa yang akan menjalankan proses pendidikannya.
  • Item
    EVALUASI PENERAPAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA TERHADAP PERFORMA CIVITAS AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS WIDYATAMA
    (Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2021-12) Istambul, Muhammad Rozahi; Iriani, Yani; Margana, Riki Ridwan; Supriadi, Hari; Nugraha, Ucu
    Pada Semester Genap Tahun 2020/2021 dan Ganjil Tahun 2021/2022 Fakultas Teknik Universitas Widyatama (UTama) telah menerapkan kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sebagai bagian dari pelaksana kebijakan Universitas. Fakultas Teknik UTama dengan dukungan pendanaan dari Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Dan Purwarupa Pts Ditjen Dikti Ristek Tahun Anggaran 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah melakukan penelitian Survey “Evaluasi Penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Performa Civitas Akademik Fakultas Teknik Universitas Widyatama“. Tujuan dilakukannya survey tersebut secara praktis dan teoritis yang berguna bagi Pemerintah selaku pemangku kebijakan secara nasional dan UTama sebagai institusi pendidikan. Survey dilakukan pada 16-23 Desember 2021 dengan tujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program MBKM di Universitas Widyatama. Pada pelaksanaannya, survey tersebut dilakukan terhadap seluruh sivitas akademika Fakultas Teknik Universitas Widyatama,yaitu: Mahasiswa, Dosen, dan Tenaga Pendidik.
  • Item
    EVALUASI PENERAPAN SISTEM ELEARNING DI PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN (Studi Kasus Pada Mata Kuliah Perancangan Basis Data di Program Studi Sistem Informasi Universitas Widyatama Bandung)
    (Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2016-10) Istambul, Muhammad Rozahi
    Proses pembelajaran merupakan bagian kurikulum dalam Mata Kuliah Perancangan Basis Data pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Widyatama. Selama ini hasil dari proses pembelajaran mahasiswa belum dapat memberikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan sesuai yang diharapkan. Salah satu hal yang dilakukan Prodi Sistem Informasi agar dapat terjadi peningkatan tersebut, maka diterapkan program blended learning pada Mata Kuliah Perancangan Basis Data. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi kualitatif dalam mengevaluasi berbagai tahapan proses yang dilakukan untuk menerapkan program blended learning. Sedangkan metode evaluasi yang digunakan terdiri atas 2 bagian model, yaitu 1) CIPP, merupakan evaluasi yang dilakukan terhadap context, input, process, dan product, 2) The Flashlight Triad, merupakan evaluasi mengenai aktifitas yang memanfaatkan teknologi informasi secara online. Objek penelitian dibagi menjadi kegiatan pada saat workshop bagi seluruh mahasiswa baru Tahun Akademik 2014/2015 dan 40 mahasiswa pada semester V T.A. 2014/2015 yang mengambil Mata Kuliah Perancangan Basis Data (PBD). Sebagai hasil akhir evaluasi pelaksanaaan blended learning berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan peneliti, bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa setelah melakukan berbagai aktivitas yang telah dikondisikan dalam kegiatan tatap muka secara online dan tatap muka secara konvensional. Berkaitan dengan hasil tersebut, maka disarankan bagi Prodi Sistem Informasi Universitas Widyatama agar tetap dapat menggunakan program blended learning pada Mata Kuliah PBD. Hal ini dikarenakan tujuan peningkatkan pengetahuan dan keterampilan dapat tercapai secara lebih baik dibandingkan hanya sekedar menggunakan tatap muka konvensional.
  • Item
    NAIVE BAYES BINARY CLASSIFICATION FOR FILM REVIEW
    (-, 2023-01) Herlistiono, Iwa Ovyawan; Violina, Sriyani
    Online streaming services provide thousands of movie collections that can be watched by customers, viewers usually choose films based on reviews and ratings. To save time in the selection of good programs, there needs to be a tool to classify the various reviews available to choose which films are worth watching. Classification is an important topic in machine learning and data mining. In this study we use the naïve bayes algorithm which is one of the most efficient and effective algorithms for classification. The data set used in this study is the IMDB film review data taken from [4], as many as 50000 data that has been given 2 types of classification labels, namely "negative" and "positive".It can be concluded that the accuracy of the Naïve Bayes algorithm by applying the Multinomial and Beroulli methods is able to classify film reviews well in all test scenarios with the best accuracy achieved is 84%.