PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Rasio Keuangan terhadap Return Saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2016 secara parsial dan simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksplanatori. Tipe investigasi yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Populasi penelitian adalah Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 41 bank dan penarikan sampel sebanyak 33 bank menggunakan teknik purposive sampling, yang ditetapkan berdasarkan kriteria. Unit analisis adalah laporan keuangan dan menggunakan analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%, diproses dengan program Eviews 8.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata ROI, DER, PER, Volume Perdagangan Saham dan Return Saham pada perusahaan pertambangan tahun 2013-2016 menunjukan perubahan yang berbeda beda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel ROI berpengaruh positif signifikan terhadap Return Saham, variabel DER berpengaruh positif signifikan terhadap Return Saham, variabel PER berpengaruh negatif signifikan terhadap Return Saham dan variabel Volume Perdagangan Saham tidak memiliki pengaruh terhadap return saham. Secara simultan, variabel ROI, DER, PER, dan Volume Perdagangan Saham berpengaruh signifikan terhadap Return Saham.
Description
Keywords
Return On Investment (ROI), Debt to Equity Ratio (DER), Price Earning Ratio (PER), Volume Perdagangan Saham, Return Saham, Stock Return
Citation