PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN AKUNTABILITAS PUBLIK TERHADAP KINERJA MANAJERIAL SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) (Studi Survey Pada Dinas Pemerintahan Kota Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bukti empiris pengaruh sasaran anggaran dan akuntabilitas publik terhadap kinerja manajerial satuan perangkat kerja daerah baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatori.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 96 orang pegawai. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 24 Dinas Pemerintah Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive samping,dengan jumlah responden adalah 50 orang pegawai. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey dengan kuesioner yang disebarkan secara langsung. Kuesioner disusun menggunakan skala likert, dari 1 sampai 5. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda pada tingkat signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan untuk menganalisis data dengan memgunakan Statistical Package for Social Science (SPSS) Ver. 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial sasaran anggaran dan akuntabilitas publik berpengaruh terhadap kinerja manajerial satuan perangkat kerja daerah. Secara simultan sasaran anggaran dan akuntabilitas publik berpengaruh terhadap kinerja majerial satuan perangkat kerja daerah.
Description
Keywords
Sasaran Anggaran, Akuntabilitas Publik, Kinerja Manajerial Satuan Perangkat Kerja Daerah, Budget Goal, Accountability Public, Managerial Performance Local Work Unit
Citation