PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO GONZO BANDUNG

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Manusia adalah makhluk sosial yang dalam kehidupannya tidak lepas dari interaksi sosial sesama manusia lainnya. Fenomena Cosplay (ココココ Kosupure) adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesoris dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Salah satu toko yang cukup lengkap menawarkan produk cosplay adalah Toko Gonzo, beragam model pakaian maupun aksesoris dari karakter-karakter fiktif dalam game maupun film yang dianggap unik, eksentrik dan memikat hati. Aksesoris-aksesoris tersebut bisa dalam bentuk tiruan pakaian, aksesoris rambut, tangan, topi yang bisa didapatkan secara langsung maupun dengan cara memesannya terlebih dahulu karena barangnya belum tersedia di Toko Gonzo. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran pemasaran jasa dan store atmosphere di Toko Gonzo, dan pengaruh bauran pemasaran jasa dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian di Toko Gonzo Bandung. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel sebanyak 123 responden menggunakan rumus yang dikembangkan dari slovin. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Non Probability Sampling, dimana Metode penarikan sampel yang dilakukan ketika unsur-unsur populasi tidak diketahui atau tidak mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Untuk mengukur dan menganalisa ketiga variabel diatas dilakukan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi logistik linear, dan uji hipotesis. Bauran pemasaran jasa Toko Gonzo sangat baik, Store atmosphere Toko Gonzo sangat baik, dan keputusan pembelian Toko Gonzo sangat tinggi. Hasil yang diperoleh dari perbandingan α ≥ Sig adalah H0 ditolak dan H1 diterima karena 0,005 ≥ 0,000. Maka bauran pemasaran jasa (X1) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). hasil yang diperoleh dari perbandingan thitung dengan ttabel adalah H0 ditolak dan H2 diterima karena 0,005 ≥ 0,000. Maka store atmosphere secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil yang diperoleh dari uji regresi logistik linear menggunakan SPSS.20 adalah Ho ditolak karena sig 0,000 < 0,05. Maka bauran pemasaran jasa dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian secara simultan memiliki pengaruh positif yang signifikan.
Description
Keywords
Bauran Pemasaran Jasa, Store Atmosphere, Keputusan Pembelian, Marketing Mix, Purchasing Decisions
Citation