PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO GONZO BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2017
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Manusia adalah makhluk sosial yang dalam kehidupannya tidak lepas dari
interaksi sosial sesama manusia lainnya. Fenomena Cosplay (ココココ Kosupure)
adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari
gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain). Cosplay berarti hobi
mengenakan pakaian beserta aksesoris dan rias wajah seperti yang dikenakan
tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan
musisi idola, dan film kartun. Salah satu toko yang cukup lengkap menawarkan
produk cosplay adalah Toko Gonzo, beragam model pakaian maupun aksesoris
dari karakter-karakter fiktif dalam game maupun film yang dianggap unik,
eksentrik dan memikat hati. Aksesoris-aksesoris tersebut bisa dalam bentuk tiruan
pakaian, aksesoris rambut, tangan, topi yang bisa didapatkan secara langsung
maupun dengan cara memesannya terlebih dahulu karena barangnya belum
tersedia di Toko Gonzo. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran
pemasaran jasa dan store atmosphere di Toko Gonzo, dan pengaruh bauran pemasaran
jasa dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian di Toko Gonzo Bandung.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel sebanyak 123
responden menggunakan rumus yang dikembangkan dari slovin. Teknik
pengambilan sampel dilakukan secara Non Probability Sampling, dimana Metode
penarikan sampel yang dilakukan ketika unsur-unsur populasi tidak diketahui atau tidak
mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Untuk mengukur dan
menganalisa ketiga variabel diatas dilakukan uji validitas dan reliabilitas, analisis
regresi logistik linear, dan uji hipotesis.
Bauran pemasaran jasa Toko Gonzo sangat baik, Store atmosphere Toko Gonzo
sangat baik, dan keputusan pembelian Toko Gonzo sangat tinggi. Hasil yang
diperoleh dari perbandingan α ≥ Sig adalah H0 ditolak dan H1 diterima karena
0,005 ≥ 0,000. Maka bauran pemasaran jasa (X1) secara parsial terdapat pengaruh
yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). hasil yang diperoleh dari
perbandingan thitung dengan ttabel adalah H0 ditolak dan H2 diterima karena 0,005 ≥
0,000. Maka store atmosphere secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan pembelian. Hasil yang diperoleh dari uji regresi logistik linear
menggunakan SPSS.20 adalah Ho ditolak karena sig 0,000 < 0,05. Maka bauran
pemasaran jasa dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian secara
simultan memiliki pengaruh positif yang signifikan.
Description
Keywords
Bauran Pemasaran Jasa, Store Atmosphere, Keputusan Pembelian, Marketing Mix, Purchasing Decisions