PENGARUH KONTRIBUSI PENAGIHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Penelitian pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bandung Barat)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian berjudul pengaruh Kontribusi Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kontribusi penagihan pajak bumi dan bangunan terhadap penerimaan pendapatan asli daerah. Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan melakukan pengumpulan data yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kontribusi penagihan Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah. Berdasarkan analisis bahwa nilai R2 sebesar 0,8355 yang berarti bahwa variabilitas variabel dependen yaitu penerimaan pendapatan asli daerah yang dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu penagihan pajak bumi dan bangunan sebesar 83.55%, sedangkan sisanya sebesar 16.45%. Hasil uji hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti Kontribusi pajak bumi dan bangunan berpengaruh terhadap penerimaan pendapatan asli daerah.
Description
Keywords
Kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan, Penerimaan Pendapatan Asli Daerah, Earth and Building Tax Contributions, Receipt of Income A Native Of The Region
Citation