PENGARUH PROFESIONALISME INTERNAL AUDITOR TERHADAP PELAKSANAAN INTERNAL AUDIT DALAM PENCEGAHAN FRAUD DAN RISIKO KECURANGAN AKUNTANSI (Survei Pada Perusahaan BUMN di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME INTERNAL AUDITOR TERHADAP PELAKSANAAN INTERNAL AUDIT DALAM PENCEGAHAN FRAUD DAN RISIKO KECURANGAN AKUNTANSI (Survei Pada Perusahaan BUMN di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME INTERNAL AUDITOR TERHADAP PELAKSANAAN INTERNAL AUDIT DALAM PENCEGAHAN FRAUD DAN RISIKO KECURANGAN AKUNTANSI (Survei Pada Perusahaan BUMN di Bandung)
Author: Yaneu, Ekeu Fazry
Abstract: Internal auditor pada umumnya memiliki sikap profesionalisme untuk meningkatakan kinerja seorang auditor dalam melakukan pelaksanaan internal audit. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, auditor internal selalu dihadapkan pada temuan-temuan audit, salah satunya adanya kecurangan atau fraud. Oleh karena itu, dengan adanya sikap profesionalisme seorang auditor maka risiko kecurangan akuntansi perusahaan dapat diminimalisir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profesionalisme internal auditor terhadap pelaksanaan intenal audit dalam pencegahan fraud dan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme internal auditor terhadap risiko kecurangan akuntansi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan survei teknik sampel purposive sampling, penelitian ini dilakukan pada auditor internal dan manajemen yang berjumlah 15 responden pada masing-masing perusahaan BUMN di kota Bandung. Dalam memperoleh data yang diperlukan, penyusunan skripsi ini menggunakan teknik penelitian yang dikembangkan menjadi pernyataan tertutup dengan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat adanya hubungan yang kuat antara variabel Pengaruh Profesionalisme Internal Auditor Terhadap pelaksanaan Internal Audit dalam pencegahan fraud dan Risiko Kecurangan Akuntansi dengan perhitungan Rank Spearman yaitu 0.673 dan 0,778 dan koefisien determinasinya sebesar 45,29% dan 60,53%. Dari perhitungan statistik uji t, dapat dilihat bahwa t hitung = 7,77 dan 10,58 lebih besar dari ttabel = 1,668 Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka Profesionalisme Internal Auditor memiliki pengaruh positif terhadap pelaksanaan internal audit dalam pencegahan fraud dan risiko kecurangan akuntansi pada BUMN Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8009
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.07Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.56Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 292.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 318.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 310.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 399.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 101.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 35.39Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record