PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2006-2010)

No Thumbnail Available
Date
2012
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Pengaruh Komponen Arus Kas dan Struktur Modal terhadap Perubahan Harga Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI periode 2006-2010) Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari komponen arus kas terhadap struktur modal, pengaruh komponen arus kas terhadap perubahan harga saham, pengaruh struktur modal terhadap harga saham, serta pengaruh komponen arus kas dan struktur modal secara simultan terhadap perubahan harga saham. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu PT Bakrie Telecom Tbk, PT XL Axiata Tbk, PT INDOSAT Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. pada periode 2006-2010. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan survey dimana populasi diambil dari perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan digunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Data yang diperlukan adalah data sekunder berupa data kuantitatif, yaitu laporan keuangan 4 sampel dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2010. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dan korelansi product moment dengan bantuan sofware SPSS for windows ver. 16.0. pengujian yang dilakukan adalah uji F untuk uji simultan dan uji t untuk uji parsial, dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh komponen arus kas yang terdiri aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan terhadap struktur modal tidak memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap struktur modal dengan nilai t hitung masing-masing 0,991;0,009;0,841. Pengaruh arus kas aktivitas operasi, aktivitas investasi, aktivitas pendanaan, serta struktur modal terhadap perubahan harga saham tidak memberikan pengaruh positif yang signifikan dengan nilai t hitung masing-masing -0,335;-0,338;-1,082;0;368. Secara simultan, komponen arus kas dan struktur modal tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dengan pengaruh sebesar 9,1% dan 90,9% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.
Description
Keywords
Arus Kas Aktivitas Operasi, Arus Kas Aktivitas Investasi, Arus Kas Aktivitas Pendanaan, Struktur Modal, Perubahan Harga Saham, Perusahaan Telekomunikasi
Citation