HUBUNGAN KINERJA MANAJERIAL DENGAN PREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN (Survei pada Perusahaan Perdagangan Retail di Bandung)

Widyatama Repository

HUBUNGAN KINERJA MANAJERIAL DENGAN PREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN (Survei pada Perusahaan Perdagangan Retail di Bandung)

Show full item record

Title: HUBUNGAN KINERJA MANAJERIAL DENGAN PREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN (Survei pada Perusahaan Perdagangan Retail di Bandung)
Author: Novalina
Abstract: Kebangkrutan adalah kondisi dimana sebuah perusahaan tidak dapat memenuhi atau membayar kewajibannya dan mengajukan surat permohonan kepada pengadilan setempat untuk merestrukturisasi hutangnya atau melikuidasi asset perusahaannya. Dalam pelaksanaannya kekayaan pemilik akan di ambil alih untuk membayar hutang kepada kreditur. Secara garis besar penyebab kebangkrutan bisa dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Selain faktor internal dan eksternal, sistem perekonomian dalam suatu negara dimana perusahaan berdomisili juga dapat menyebabkan terjadinya kebangkrutan. Model Altman’s Z-Score adalah salah satu model yang dapat digunakan untuk memprediksi kemungkinan kebangkrutan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak tiga perusahaan perdagangan retail yang berlokasi di Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kinerja manajerial memiliki hubungan dengan prediksi kebangkrutan pada perusahaan perdagangan retail. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan selama kurun waktu tiga tahun, yaitu dari tahun 2003 hingga tahun 2005. Pengujian statistik menggunakan statistik non parametrik dengan uji dua pihak dengan tingkat signifikansi 95%. Dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan antara kinerja manajerial terhadap prediksi kebangkrutan perusahaan perdagangan retail. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung menunjukkan bahwa thitung < ttabel.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7364
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 42.34Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.58Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.73Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.95Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.07Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 26.53Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 53.91Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 153.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 41.75Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 139.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.87Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.71Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record