PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada Dinas Pemerintah Kota Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2016
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secara parsial dan secara simultan kompetensi sumber daya manusia dan sistem pengendalian internal pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah kompetensi sumber daya manusia dan sistem pengendalian internal pemerintah sebagai variabel independen sedangkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pemerintah Kota Bandung yang berjumlah 17 Dinas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver.20.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dan sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Selain itu, secara simultan atau secara bersama-sama kompetensi sumber daya manusia dan sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.
Description
Keywords
Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Human Resource Competency, Internal Control System, Quality of Local Government Financial Statement
Citation