PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada Salah Satu Perusahaan Mesin Turbin di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada Salah Satu Perusahaan Mesin Turbin di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada Salah Satu Perusahaan Mesin Turbin di Bandung)
Author: Fitriyah, Nisa
Abstract: Biaya kualitas dapat diartikan sebagai pengorbanan yang dikeluarkan perusahaan untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas suatu produk. Biaya kualitas yang terjadi dalam suatu perusahaan dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana fungsi system pengendalian kualitas yang diterapkan oleh perusahaan. Semakin rendahnya biaya kualitas menunjukkan semakin baiknya program perbaikan kualitas yang dihasilkan secara tidak langsung dapat meningkatkan pangsa pasar dan nilai penjualan. Penelitian yang berjudul Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan ini dilakukan untuk mengetahui sampai seberapa besar kontribusi pengaruh dari pengalokasian biaya kualitas baik secara keseluruhan maupun parsial, yaitu perkomponen biaya kualitas yang terdiri dari biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal sebagai indicator finansial kinerja kualitas perusahaan terhadap profitabilitas yang diukur melalui tingkat EBIT perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan di PT. TBI yang bergerak di bidang Industri, Perbengkelan, Pembangunan, Perdagangan, Pertambangan, transportasi dan Jasa. Sampel untuk penelitian diambil dari data biaya kualitas produk PT. TBI selama tahun 2008 – 2015. Berdasarkan hasil uji t, biaya kualitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap EBIT sebesar 28,6%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa biaya kualitas berpengaruh signifikan tehadap EBIT. Dari hasil pembahasan tersebut menunjukkan nilai EBIT dipengaruhi oleh biaya kualitas dan biaya kualitas yang dikeluarkan mempunyai efek yang cukup besar terhadap profit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7250
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.61Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 353.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 242.9Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 163.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 114.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 260.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 688.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 259.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 483.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 108.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 240.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record