PENGARUH BIAYA KEPATUHAN PERPAJAKAN (COST OF COMPLIANCE) DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Penelitian Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)

No Thumbnail Available
Date
2016
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Biaya Kepatuhan Perpajakan (Cost Of Compliance), Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah Biaya Kepatuhan Perpajakan (Cost Of Compliance), Kualitas Pelayanan Fiskus sebagai variabel independen, sedangkan Kepatuhan Wajib Pajak sebagai variabel dependen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Explanatory dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian Wajib Pajak yang ada di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan meyebarkan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Biaya Kepatuhan Perpajakan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Fiskus berpengaruh secara signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Secara simultan diketahui bahwa Biaya Kepatuhan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Fiskus memiliki pengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Wajib Pajak Pratama Bandung Cibeunying.
Description
Keywords
Biaya Kepatuhan Perpajakan (Cost Of Compliance), Kualitas Pelayanan Fiskus, Kepatuhan Wajib Pajak, Tax Compliance Costs, Quality of Tax Authorities Service, Taxpayer Compliance
Citation