PENGARUH INTENSIFIKASI DAN EKSTENSIFIKASI PBB-P2 TERHADAP PENERIMAAN PBB-P2 (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH INTENSIFIKASI DAN EKSTENSIFIKASI PBB-P2 TERHADAP PENERIMAAN PBB-P2 (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH INTENSIFIKASI DAN EKSTENSIFIKASI PBB-P2 TERHADAP PENERIMAAN PBB-P2 (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat)
Author: Isni, Christy Kartika
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara intensifikasi dan ekstensifikasi PBB-P2 terhadap penerimaan PBB-P2 di kabupaten Bandung Barat. Suatu daerah berupaya untuk mengoptimalkan penerimaan PBB-P2 baik secara intensifikasi maupun secara ekstensifikasi. Pajak bumi dan bangunan perdesaan perkotaan (PBB-P2) mempunyai potensi yang cukup dalam meningkatkan penerimaan PBB-P2 di kabupaten Bandung Barat. Dalam penelitian ini, objek yang digunakan adalah Intensifikasi PBB-P2, Ekstensifikasi PBB-P2 dan Penerimaan PBB-P2 di Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif eksplanatory dan penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang merupakan data pokok pada penelitian ini berupa target dan realisasi penerimaan PBB-P2 dan data sekunder yang merupakan data pendukung yang menjadi referensi berupa laporan-laporan, data objek pajak dan wajib pajak. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi linier berganda dimana variabel-variabel diuji menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial intensifikasi pajak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan PBB-P2 sebesar 83,4% dan esktensifikasi pajak berpengaruh secara signifikasn terhadap penerimaan PBB-P2 sebesar 90,6%. Sedangkan secara simultan intensifikasi dan ekstensifikasi PBB-P2 berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan PBB-P2 sebesar 69,9%. Saran dalam penelitian ini adalah peningkatan sosialisai dari petugas secara berkala, perbaikan sistem administrasi, memberikan sarana dan prasarana yang memadai, pemeliharaan aplikasi pengolahan data dan sistem informasi, melakukan koordinasi dengan intansi terkait, mengoptimalisasikan penggunaan server dan menyediakan pemeriksa pajak yang mencukupi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7201
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 58.11Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 45.71Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 140.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 117.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 214.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 285.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 238.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 376.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 160.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record