ABSTRAK PERANAN ANGGARAN PENJUALAN DALAM UPAYA MENUNJANG TERCAPAINYA EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN AIR BERSIH (Studi kasus pada PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang)

Widyatama Repository

ABSTRAK PERANAN ANGGARAN PENJUALAN DALAM UPAYA MENUNJANG TERCAPAINYA EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN AIR BERSIH (Studi kasus pada PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang)

Show full item record

Title: ABSTRAK PERANAN ANGGARAN PENJUALAN DALAM UPAYA MENUNJANG TERCAPAINYA EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN AIR BERSIH (Studi kasus pada PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang)
Author: Maliki, Rengga
Abstract: Penjualan merupakan hal yang sangat penting dalam perusahaan. Penjualan merupakan bentuk penerimaan dari perusahaan yang dapat membiayai kegiatan operasional dari perusahaan. Untuk menghindari terjadinya kecurangan dan manipulasi dalam penerimaan penjualan yang diterima perusahaan, maka diperlukan penyusunan dan penggunaan beserta pengendalian anggaran yang cukup baik. Dalam penelitian ini, menguji peranan anggaran penjualan dalam upaya menunjang tercapainya efektivitas pengendalian penjualan air bersih pada PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penyusunan anggaran penjualan, mengetahui efektivitas pegendalian penjualan, serta megetahui peranan anggaran dalam menunjang efektivitas pengendalian penjualan air. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan langsung terhadap sumber data yang akan dianalisis dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan kuesioner. Dari data yang diperoleh, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dan dianalisis dengan menggunakan rank spearman dan koefisien determinasi. Dengan analisis rank spearman diperoleh hasil sebesar 0,803, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara anggaran penjualan dengan efektivitas pengendalian penjualan. Untuk koefisien determinasi sebesar 64,48% menunjukkan besarnya peranan anggaran penjualan terhadap efektivitas pengendalian penjualan. Selain itu untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t, menunjukkan hasil t hitung sebesar 2,53 lebih besar dari t tabel 1,943. Berdasarkan hasil pengujian statistik tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan yang signifikan antara peranan anggaran penjualan dengan efektivitas pengendalian penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6920
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 69.38Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 68.58Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 69.12Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 117.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 87.02Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 82.76Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 66.39Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 66.42Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 88.70Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 134.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 169.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 369.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 79.88Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 68.92Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record