ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG (Survey pada KPP Bandung Cicadas Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG (Survey pada KPP Bandung Cicadas Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG (Survey pada KPP Bandung Cicadas Provinsi Jawa Barat)
Author: Merdiawan, Riza
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi wajib pajak orang pribadi dalam memenuhi kewajiban membayar pajak. Penelitian ini terdiri atas empat variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan dan pelayanan fiskus. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kemauan membayar pajak. Penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling dan menggunakan metode survey dengan kuesioner dan wawancara dalam pengumpulan datanya. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas yang tergolong sebagai wajib pajak efektif. Analisis data penelitian menggunakan analisis linier berganda dengan program SPSS 22. Koefisien determinasi menunjukkan 76,8%, yang artinya 76,8% kemauan membayar pajak dipengaruhi oleh kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan dan pelayanan fiskus. Sedangkan sisanya 23,2% kemauan membayar pajak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Kemauan Membayar Pajak, Kesadaran membayar pajak, Pengetahuan dan Pemahaman tentang Peraturan Perpajakan, Persepsi yang Baik atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Pelayanan Fiskus.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6580
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.31Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.095Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 158.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 275.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 166.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 180.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 104.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 338.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 570.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 249.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 783.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 109.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 109.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record