PENGARUH INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL (Studi Kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) yang berlokasi di Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris mengenai seberapa besar pengaruh independensi dan kompetensi auditor internal terhadap kualitas pelaksanaan audit internal. Audit internal harus memiliki sikap independen yaitu bebas dari pengaruh yang ada di perusahaan dan memiliki kompetensi yang memadai agar dapat menjalankan fungsinya secara efektif. Fungsi audit internal secara kolektif harus memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi lainnya yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory, dengan pendekatan survey. Penelitian explanatory digunakan untuk menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan yang lain. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 20.00. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan regresi linear berganda diketahui bahwa independensi dan kompetensi auditor internal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelaksanaan audit iternal, besarnya independensi auditor internal dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap kualitas pelaksanaan audit iternal sebesar 25,0% dan besarnya kompetensi auditor internal dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap kualitas pelaksanaan audit internal sebesar 39,1%, sedangkan sisanya sebesar 35,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian.
Description
Keywords
Independensi Auditor Internal, Kompetensi Auditor Internal, Kualitas Pelaksanaan Audit Internal, Internal Auditor Independence, Competence of Internal Auditors, Quality Audit Internal
Citation