PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013)
Author: Gunawan, Edwin
Abstract: Tingkat profitabilitas perusahaan yang tinggi merupakan daya tarik utama bagi investor dalam berinvestasi pada saham, karena semakin tinggi kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba akan disertai dengan tingginya pembayaran dividen kepada pemegang saham. Posisi likuiditas perusahaan menjadi faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen. Cash dividend merupakan arus kas keluar bagi perusahaan, oleh karena itu apabila perusahaan membayarkan dividen berarti harus menyediakan uang kas yang cukup banyak dan akan menurunkan tingkat likuiditas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap kebijakan dividen baik secara parsial maupun simultan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009- 2013. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-asosiatif. Data penelitian berupa rasio keuangan yang bersumber dari laporan keuangan Perusahaan Manufaktur yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 22 sampel perusahaan dari 124 populasi perusahaan untuk 5 tahun periode penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji-t statistik, dan uji-F statistik. Bedasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial diperoleh kesimpulan bahwa return on asset dan return on equity berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio. Sedangkan current ratio dan quick ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio. Untuk hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh kesimpulan bahwa return on asset, return on equity, current ratio, dan quick ratio berpengaruh signfikan terhadap dividend payout ratio.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6509
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.894Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.046Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 198.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 41.14Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 33.17Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 26.70Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 235.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 533.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 420.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 601.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 112.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.77Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record