PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PERILAKU ETIS KARYAWAN DALAM SISTEM PENGGAJIAN (Survei pada Beberapa Bank Umum Syariah di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PERILAKU ETIS KARYAWAN DALAM SISTEM PENGGAJIAN (Survei pada Beberapa Bank Umum Syariah di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PERILAKU ETIS KARYAWAN DALAM SISTEM PENGGAJIAN (Survei pada Beberapa Bank Umum Syariah di Kota Bandung)
Author: Fitrianti, Diny
Abstract: Akuntansi merupakan suatu sistem untuk menghasilkan informasi keuangan yang digunakan oleh para pemakainya dalam proses pengambilan keputusan bisnis. Tujuan informasi tersebut adalah memberikan petunjuk dalam memilih tindakan yang paling baik untuk mengalokasikan sumber daya yang langka pada aktivitas bisnis dan ekonomi. Dalam melakukan pemilihan dan penetapan suatu keputusan bisnis juga melibatkan aspek-aspek perilaku dari pengambil keputusan. Informasi yang diperlukan oleh manajemen harus memiliki karakteristik seperti akurat dan tepat waktu. Oleh sebab itu, diperlukan adanya pengendalian internal. Pengendalian internal adalah suatu proses yang dijalankan oleh dewan komisaris, manajemen dan personal lain entitas yang didesain untuk memberikan gambaran keyakinan memadai tentang pencapaian keandalan laporan, efektivitas dan efisiensi operasi, dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku. Akan tetapi, pengendalian internal hanya dapat memberikan keyakinan memadai bagi manajemen dan komisaris berkaitan dengan pencapaian tujuan pengendalian internal entitas. Kemungkinan pencapaian tersebut dipengaruhi oleh keterbatasan bawahan yang melekat dalam pengendalian internal. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu jawaban kuesioner dari para responden yang telah mengisi kuesioner yang peneliti sebarkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 Bank Umum Syariah di bandung. Penelitian ini menggunakan satu variabel independen dan satu variabel dependen dengan teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 20. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengendalian Internal terhadap Perilaku Etis Karyawan dalam Sistem Penggajian pada karyawan Bank Umum Syariah di Bandung. Hasil penelitian ini adalah Pengendalian Internal berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Etis Karyawan dalam Sistem Penggajian sebesar 11,2% dan sisanya dipengaruhi oleh fakto-faktor lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6506
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.66Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.052Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 158.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 212.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 113.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.3Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 103.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 175.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 545.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 576.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 446.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 103.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 361.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record