PENGARUH TINDAKAN PENAGIHAN PAJAK TERHADAP PENCAIRAN TUNGGAKAN PAJAK (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Soreang)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tindakan penagihan pajak dengan surat teguran, surat paksa dan surat perintah melaksanakan penyitaan (SPMP) terhadap pencairan tunggakan pajak baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan teknik pengumpulan data yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, serta menggunakan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa surat teguran, surat paksa dan surat perintah melaksanakan penyitaan (SPMP) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pencairan tunggakan pajak karena setiap sub variabel tindakan penagihan pajak memiliki hasil thitung yang lebih kecil dari ttabel. Artinya Ha ditolak. Secara parsial tindakan penagihan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap pencairan tunggakan pajak. Kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 40,2%, sedangkan sebanyak 59,8% sisanya merupakan besar kontribusi pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti. Hasil uji F statistik menunjukkan Fhitung lebih kecil dari Ftabel (Fhitung < Ftabel : 1,174 < 4,120), sehingga Ha ditolak. Hal ini berarti tindakan penagihan pajak tidak berpengaruh terhadap pencairan tunggakan pajak.
Description
Keywords
Tindakan Penagihan Pajak, Surat Teguran, Surat Paksa, Surat Perintah Melaksanakan Penyitaan (SPMP), Pencairan Tunggakan Pajak, Tax Collection Action, Warning Letter, Forced Letter, Execute a Warrant Foreclosure, Disbursement of Tax Arrears
Citation