PENGARUH KOMPETENSI, SKEPTISME PROFESIONAL, DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDIT (Studi Survey Pada Beberapa Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti ada atau tidaknya pengaruh antara variabel kompetensi, skeptisme profesional, dan independensi auditor terhadap ketepatan pemberian opini audit. Ditinjau dari kasus yang marak terjadi beberapa tahun belakangan ini, yaitu banyaknya kasus kesalahan pemberian opini oleh auditor yang terjadi. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 40 Auditor sebagai responden yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) Bandung. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatori dengan menggunakan pendekatan survey yang merupakan penelitian yang menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel lain dan dilakukan terhadap beberapa anggota sampel dari suatu populasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dengan media pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan ke setiap KAP. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil pengujian parsial, skeptisme profesional akuntan yang lebih berpengaruh signifikan terhadap ketepatan pemberian opini audit. (2) Kompetensi, skeptisme profesional, dan independensi akuntan publik mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap ketepatan pemberian opini audit.
Description
Keywords
Kompetensi, Skeptisme Profesional, Independensi, Opini Audit, Competence, Professional Scepticism, Independence, Accuracy of Audit Opinion
Citation