PENGARUH TANGGUNGJAWAB SOSIAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN UNTUK PIHAK EKSTERNAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Tanggungjawab sosial didasarkan pada tiga pilar (3-P) diharapkan agar ketiga segini ini: manusia atau factor social, manusia atau faktor ekonomi, dan bumi atau faktor lingkungan, tetap dalam keadaan seimbang untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Hal ini dimaksudkan bahwa perusahaan bukan hanya dituntut untuk fokus pada perbaikan dan peningkatan kondisi internal perusahaan dalam artian mencari profit tetapi perusahaan dituntut untuk fokus dalam mengembangkan hubungan sosial pada kondisi eksternal perusahaan yang merupakan tanggungjawab sosial kepada stakeholders. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh tanggungjawab sosial terhadap profitabilitas perusahaan yang dicerminkan pada Net Profit Margin (NPM) dan Return on Equity (ROE). Penelitian ini termotivasi dari banyaknya perbedaan pada hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh perusahaan tambang batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menurut kriteria. Sampel yang dikumpulkan dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan. Hasil menunjukan bahwa tanggungjawab sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE) maupun Net Profit Margin (NPM).
Description
Keywords
Tanggungjawab Sosial, Return on Equity, Net Profit Margin, Corporate Social Responsibility
Citation