PENGARUH TANGGUNGJAWAB SOSIAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN UNTUK PIHAK EKSTERNAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Tanggungjawab sosial didasarkan pada tiga pilar (3-P) diharapkan agar
ketiga segini ini: manusia atau factor social, manusia atau faktor ekonomi, dan
bumi atau faktor lingkungan, tetap dalam keadaan seimbang untuk mendukung
pembangunan berkelanjutan. Hal ini dimaksudkan bahwa perusahaan bukan hanya
dituntut untuk fokus pada perbaikan dan peningkatan kondisi internal perusahaan
dalam artian mencari profit tetapi perusahaan dituntut untuk fokus dalam
mengembangkan hubungan sosial pada kondisi eksternal perusahaan yang
merupakan tanggungjawab sosial kepada stakeholders.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh tanggungjawab sosial
terhadap profitabilitas perusahaan yang dicerminkan pada Net Profit Margin
(NPM) dan Return on Equity (ROE). Penelitian ini termotivasi dari banyaknya
perbedaan pada hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan analisis regresi
linier sederhana. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh perusahaan
tambang batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013,
sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive
sampling dengan menurut kriteria. Sampel yang dikumpulkan dalam penelitian ini
sebanyak 10 perusahaan. Hasil menunjukan bahwa tanggungjawab sosial tidak
berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE) maupun Net Profit
Margin (NPM).
Description
Keywords
Tanggungjawab Sosial, Return on Equity, Net Profit Margin, Corporate Social Responsibility