PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN KOMPONEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Survei pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2013)

Widyatama Repository

PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN KOMPONEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Survei pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2013)

Show full item record

Title: PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN KOMPONEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Survei pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2013)
Author: Apriyanti, Friska
Abstract: Perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur, membutuhkan pengelolaan terhadap modal kerja yang efisien dan efektif, sehingga perusahaan mampu menyediakan modal kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Jika modal kerja yang tersedia cukup, maka akan memungkinkan perusahaan untuk beroperasi dengan seekonomis mungkin dan perusahaan tidak akan mengalami kesulitan dalam hal krisis keuangan. Namun apabila modal kerja yang tersedia berlebihan terutama modal kerja dalam bentuk uang tunai dapat merugikan perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa banyak dana yang tertimbun karena tidak digunakan secara produktif yang menyebabkan perusahaan kehilangan kesempatan untuk memperoleh keuntungan. Di samping itu kelebihan modal kerja juga akan menimbulkan ketidakefisienan atau pemborosan dalam operasi perusahaan. Penelitian ini berjudul Pengaruh Tingkat Perputaran Komponen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Survei pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2013). Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mengkaji tingkat perputaran komponen modal kerja yang terdiri dari perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat perputaran komponen modal kerja terhadap profitabilitas pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatory. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh tingkat perputaran komponen modal kerja terhadap profitabilitas pada perusahan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Secara parsial menunjukkan perputaran kas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas. Perputaran piutang berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Dan perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan secara simultan dapat disimpulkan bahwa pada perusahaan sektor manufaktur periode 2011 – 2013, perputaran komponen modal kerja berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6443
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 44.91Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.147Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 292.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 33.33Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 54.30Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 43.74Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 42.52Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 42.57Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 231.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 558.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 454.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 406.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 114.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 115.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record