PENGARUH RENCANA KERJA ANGGARAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SATUAN KERJA (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya II)

Widyatama Repository

PENGARUH RENCANA KERJA ANGGARAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SATUAN KERJA (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya II)

Show full item record

Title: PENGARUH RENCANA KERJA ANGGARAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SATUAN KERJA (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya II)
Author: Krispina, Ritu
Abstract: Penyusunan rencana kerja anggaran yang baik merupakan salah satu usaha reformasi yang dilakukan pemerintah di bidang pengelolaan keuangan Negara dilakukan oleh pengguna anggaran dari tingkat bawah lembaga pemerintah, yaitu satuan kerja kemudian departemen sampai kementrian/lembaga untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan yang transparansi dan akuntabilitas sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja pemerintah. Berdasarkan pemikiran di atas penulis mencoba melakukan penelitian mengenai “Pengaruh Rencana Kerja Anggaran terhadap Kualitas Laporan Keuangan Satuan Kerja”, yang dilakukan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya II. Rencana Kerja Anggaran adalah dokumen perencanaan dan penganggaran berisi program dan kegiatan dalam 1(satu) tahun anggaran dilakukan dengan klasifkasi anggaran yang tepat. Adapun kualitas dari laporan keuangan satuan kerja terdiri dari : 1. Relevan yang berarti informasi yang termuat di dalamnya mempengaruhi keputusan pengguna dengan membantu mereka mengevaluasi peristiwa masa lalu atau masa kini, dan memprediksi masa depan, serta menegaskan atau mengoreksi hasil evaluasi mereka di masa lalu, 2. Andal yang berarti informasi dalam laporan keuangan bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material, menyajikan setiap fakta secara jujur, serta dapat diverifikasi, 3. Dapat Dibandingkan yang berarti informasi yang termuat dapat berguna jika dibandingkan dengan periode sebelumnya atau laporan keuangan entitas pelaporan pada umumnya, 4. Dapat dipahami yang berarti informasi yang disajikan dapat dipahami oleh pengguna dan dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman para pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rencana kerja anggaran terhadap kualitas laporan keuangan satuan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis, yaitu metode yang melihat dan menggambarkan lingkungan atau keadaan yang tampak nyata dalam lembaga pemerintah dengan cara mengumpulkan, menyajikan, dan menganalitis data, sehingga diperoleh gambaran yang jelas atas objek yang diteliti agar dapat diambil suatu simpulan. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t dengam tingkat signifikansi sebesar 5%, menunjukkan penolakan Ho dan penerimaan Ha, karena thitung ≥ ttabel = 12,667 ≥ 2,069 , artinya bahwa rencana kerja anggaran berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan satuan kerja. Saran sebagai bahan masukan, lembaga pemerintah di tingkat satuan kerja meningkatkan mutu dari penyusunan rencana kerja anggaran tersebut mengenai koordinasi antara tingkat satuan kerja di daerah dengan departemen, pelaksanaan prosedur penyusunan rencana kerja anggaran, dan aspek sumber daya manusia yang perlu diterapkan dengan optimal serta meningkatkan lagi kualitas laporan keuangan satuan kerja sehingga tujuan pemerintah sebagai organisasi sektor publik dapat tercapai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6266
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 83.02Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 93.07Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 135.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 336.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 227.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 703.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 103.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 88.93Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record