MANFAAT PENGENDALIAN INTERN DI DALAM MENUNJANG TERCAPAINYA GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

MANFAAT PENGENDALIAN INTERN DI DALAM MENUNJANG TERCAPAINYA GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: MANFAAT PENGENDALIAN INTERN DI DALAM MENUNJANG TERCAPAINYA GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung)
Author: Anggadireja, Very
Abstract: Perkembangan dunia bisnis dan ekonomi di era globalisasi saat ini sudah berkembang semakin pesat. Bank, BUMN, dan Perusahaan Publik yang terdaftar di bursa saham sebagai tulang punggung perekonomian nasional diharapkan menjadi tauladan dalam menerapkan corporate governance yang efektif. Good Corporate Governance (GCG) sering diartikan sebagai tata kelola perusahaan yang baik. Namun pada umumnya telah disepakati bahwa prinsip-prinsip Good Corporate Governance (Keputusan Menteri BUMN nomor 117/M/MBU/2002, tangggal 1 Agustus 2002) telah mencakup transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban, dan kewajaran.. Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance dapat diterapkan dengan baik apabila perusahaan memiliki pengendalian intern yang efektif. Pengendalian intern yang efektif diperlukan oleh semua aspek-aspek usaha, terutama apabila melibatkan penggunaan harta-harta perusahaan. Dalam hal ini Good Corporate Governance atau tata kelola perusahaan yang baik merupakan alat pengendalian internal yang berperan penting dalam mengurangi masalah tersebut. Karena Good Corporate Governance bermanfaat untuk perbaikan dan komunikasi, meminimalisasi benturan, fokus pada strategi-strategi utama, peningkatan kepuasan pelanggan dan perolehan kepercayaan investor. Berdasarkan latar belakang pemikiran diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai ”Manfaat Pengendalian Intern Di Dalam Menunjang Tercapainya Good Corporate Governance”, penelitian dilakukan pada PT. Pos Indonesia (Persero) yang berlokasi di Jalan Cilaki No. 73 Bandung. Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah : 1. Untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengendalian intern pada PT. Pos Indonesia (Persero). 2. Untuk mengetahui bagaimana efektivitas Good Corporate Governance pada PT. Pos Indonesia (Persero). 3. Untuk mengetahui apakah pengendalian intern bermanfaat di dalam menunjang tercapainya Good Corporate Governance pada PT. Pos Indonesia (Persero). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode analitis, dengan cara mengumpulkan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui wawancara serta penyebaran kuesioner. Hasil penelitian tersebut dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang relevan. Kesimpulan yang didapat berdasarkan hasil penelitian dan kuesioner yang disebarkan mendapat hasil perhitungan 78%, artinya pengendalian intern yang dihasilkan sangat bermanfaat di dalam menunjang tercapainya Good Corporate Governance.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6258
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.73Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 27.12Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.24Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.74Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.13Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.97Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.83Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.27Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 49.54Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 129.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 71.27Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 97.26Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.64Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.56Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record