PENGARUH MODERNISASI ADMINISTRASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK (Pendekatan Deskriptif pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas)

Widyatama Repository

PENGARUH MODERNISASI ADMINISTRASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK (Pendekatan Deskriptif pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas)

Show full item record

Title: PENGARUH MODERNISASI ADMINISTRASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK (Pendekatan Deskriptif pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas)
Author: Annida, Nuniek
Abstract: Pajak merupakan komponen penting penerimaan negara. Sekitar 70 persen total penerimaan negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) saat ini disumbang dari penerimaan perpajakan. Namun pertumbuhan penerimaan pajak setiap tahun ternyata tidak diimbangi dengan potensi pajak yaitu jumlah penduduk di Indonesia seluruhnya. Pengelolaan penerimaan pajak dilakukan melalui reformasi perpajakan yang mencakup reformasi kebijakan dan administrasi. Reformasi administrasi perpajakan dilakukan dengan tujuan meningkatkan kepuasan Wajib Pajak di dalam memenuhi kewajiban perpajakan melalui modernisasi administrasi perpajakan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modernisasi administrasi perpajakan yang dilakukan pemerintah dengan maksud untuk membenahi perpajakan negara berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan Wajib Pajak. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif menggunakan bentuk penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat penelitian, dimana sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling. Permasalahan ini dianalisis dengan menggunakan statistik parametik dengan analisis regresi dan korelasi sederhana, dimana data yang diperoleh dalam bentuk ordinal dikonversikan menjadi dalam bentuk interval, serta uji signifikansi t satu pihak. Dari hasil uji statistik dengan menggunakan regresi sederhana dan uji signifikansi t satu pihak, hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara modernisasi administrasi perpajakan dengan kepuasan Wajib Pajak cukup berarti dan positif sebesar 0.630. Sedangkan modernisasi administrasi perpajakan berperan dalam meningkatkan kepuasan Wajib Pajak sebesar 39.70%, dan sisanya sebesar 60.30% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur. Dalam perhitungan uji statistik t, diperoleh nilai thitung sebesar 7.162 dan nilai ttabel sebesar 1.6646 dengan tingkat kekeliruan 5%. Ini menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel, maka H0 ditolak yaitu modernisasi administrasi perpajakan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan Wajib Pajak.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6209
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 66.17Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 40.39Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 50.21Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 56.69Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 57.16Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 51.77Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 46.20Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 38.43Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 93.86Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 162.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 142.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 201.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 49.40Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 52.38Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record