PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD ( Survey pada Beberapa Perusahaan BUMN di Bandung )

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD ( Survey pada Beberapa Perusahaan BUMN di Bandung )

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD ( Survey pada Beberapa Perusahaan BUMN di Bandung )
Author: Heliesa
Abstract: Ketika pasar lebih terbuka dan mendunia, serta bisnis menjadi lebih luas dan kompleks Good Corporate Governance merupakan isu yang semakin berkembang didunia dan juga di Indonesia terutama 10 tahun terakhir ini. Penerapan Good Corporate Governance menjadi suatu aspek penting dalam upaya mempertahankan kelangsungan jalannya perusahaan. Dengan diterapkannya Good Corporate Govenance pada suatu perusahaan dianggap perusahaan tersebut telah mematuhi prinsip-prinsip Good Corporate Governance yaitu Transparency, Independency, Accountability, Responsibility dan Fairness,. Kelima prinsip tersebut mencerminkan niat baik perusahaan dalam menjalankan usahanya kepada para stakeholdersnya, baik langsung maupun tidak langsung. Setiap perusahaan harus memastikan bahwa asas Good Corporate Governance diterapkan pada setiap aspek bisnis dan di semua jajaran perusahaan. Asas dalam Good Corporate Governance yaitu transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban, dan kewajaran atau keadilan yang diperlukan untuk mencapai kinerja perusahaan yang berkesinambungan dan seimbang dengan tetap memperhatikan pemangku kepentingan. Karenanya, penerapan prinsip Good Corporate Governance mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja perusahaan dengan pendekatan Balanced Scorecard. Objek penelitian dalam pembahasan skripsi ini adalah pengaruh penerapan Good Corporate Governance terhadap kinerja perusahaan dengan pendekatan Balanced Scorecard. Penelitian ini menggunakan metode analisis asosiatif untuk mengolah dan menganalisis data yang diperoleh serta membuat kesimpulan penelitian. Data diperoleh melalui wawancara dan kuesioner. Penulis menggunakan metode Rank Spearman dan metode split half, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan perhitungan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t untuk mengetahui hasil uji t diperoleh sebagai berikut : thitung 3,433 dan ttabel 2,101 maka hipotesis menyatakan 3,433 > 2,101 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan secara signifikan antara penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap kinerja perusahaan dengan pendekatan Balanced Scorecard. Koefisien determinasi (Kd) sebesar 39,56%, artinya prinsip-prinsip Good Corporate Governance berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dengan pendekatan Balanced Scorecard sebesar 39,56%. Selebihnya (sisanya sebesar 60,44%), dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Dengan demikian hipotesis penelitian yang penulis ajukan, yaitu “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan Good Corporate Governance dengan kinerja perusahaan dengan pendekatan Balanced Scorecard” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6163
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 36.30Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 47.03Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 57.18Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 56.83Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 54.64Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 46.66Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 46.10Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 91.14Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 147.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 119.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 158.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 68.62Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 49.20Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record