PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI INSTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survei padaBadan Geologi, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI INSTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survei padaBadan Geologi, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI INSTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survei padaBadan Geologi, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral)
Author: Hadiputro, Eliza Kusumawardani
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi instansi terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa tidak semua pegawai di pemerintahan berkompeten dalam bidang akuntansi/ keuangan dan tidak semua memahami sistem akuntansi instansi. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory. Penelitian bermaksud menjelaskan kedudukan antar variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antar satu variabel dengan yang lain dengan pendekatan survey. Responden terdiri dari 50 orang yang sudah secara statistik dengan menggunakan SPSS 20.00. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan pengaruh positif antara kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 18% dan penerapan sistem akuntansi instansi terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 15,9%. Belum berkualitasnya laporan keuangan disebabkan diantaranya mengenai pendidikan formal, masih terdapat pegawai yang bukan dari latar belakang pendidikan akuntansi dan ketidakdisiplinan para pegawai untuk mencetak laporan keuangan dan dikirimkan kepada KPPN paling lambat setiap tanggal 7 setiap bulannya untuk direkonsiliasikan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5565
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 61.90Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.264Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 117.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 98.37Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 113.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 85.85Kb PDF View/Open
Dafar Gambar.pdf 67.38Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 68.37Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 147.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 224.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 226.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 448.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 96.27Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 120.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record