PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI INSTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survei padaBadan Geologi, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi instansi terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa tidak semua pegawai di pemerintahan berkompeten dalam bidang akuntansi/ keuangan dan tidak semua memahami sistem akuntansi instansi. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory. Penelitian bermaksud menjelaskan kedudukan antar variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antar satu variabel dengan yang lain dengan pendekatan survey. Responden terdiri dari 50 orang yang sudah secara statistik dengan menggunakan SPSS 20.00. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan pengaruh positif antara kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 18% dan penerapan sistem akuntansi instansi terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 15,9%. Belum berkualitasnya laporan keuangan disebabkan diantaranya mengenai pendidikan formal, masih terdapat pegawai yang bukan dari latar belakang pendidikan akuntansi dan ketidakdisiplinan para pegawai untuk mencetak laporan keuangan dan dikirimkan kepada KPPN paling lambat setiap tanggal 7 setiap bulannya untuk direkonsiliasikan.
Description
Keywords
Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Instansi, Kualitas Laporan Keuangan, The Competence of Human Resources, Implementation of the Accounting System Agency, The Quality of the Financial Statements
Citation