ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DALAM MEWUJUDKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH BERDASARKAN KEPMENDAGRI No.29 TAHUN 2002 (Suatu Studi Kasus pada Pemda Kabupaten Muara Enim)

Widyatama Repository

ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DALAM MEWUJUDKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH BERDASARKAN KEPMENDAGRI No.29 TAHUN 2002 (Suatu Studi Kasus pada Pemda Kabupaten Muara Enim)

Show full item record

Title: ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DALAM MEWUJUDKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH BERDASARKAN KEPMENDAGRI No.29 TAHUN 2002 (Suatu Studi Kasus pada Pemda Kabupaten Muara Enim)
Author: Amalia, Maya
Abstract: Menguatnya tuntutan masyarakat terhadap transparansi dan akuntabilitas publik dalam tatanan Pemerintahan Daerah di Indonesia salah satunya mencuatkan masalah pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan oleh Pemerintah Daerah. Untuk menjawab tuntutan tersebut Pemerintah Pusat melalui PP No. 105 Tahun 2000 mensyaratkan pertanggungjawaban keuangan Kepala Daerah harus disusun dalam bentuk laporan keuangan. Permasalahan yang kemudian timbul di daerah adalah sistem akuntansi bagaimana yang akan digunakan oleh Daerah untuk menghasilkan laporan keuangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem akuntansi keuangan yang digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang didasarkan pada Kepmendagri No. 29 Tahun 2002, dan untuk menganalis apakah sistem yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim tersebut telah sesuai dengan prinsip-prinsip dasar akuntansi yang ada dalam Kepmendagri No. 29 Tahun 2002. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode descriptive studies. Metode perolehan data adalah dengan melakukan studi kasus pada bagian keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Muara Enim dengan menggunakan Kepmendagri No. 29 Tahun 2002 sebagai acuan analisis. Data yang digunakan meliputi data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi di lokasi penelitian, serta data sekunder berupa dokumen-dokumen dan arsip. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sistem akuntansi keuangan yang digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim memiliki beberapa perbedaan dengan sistem akuntansi yang ada dalam Kepmendagri No. 29 Tahun 2002 terutama dalam hal-hal yang berkaitan dengan struktur organisasi pengelola keuangan, catatan akuntansi serta sistem dan prosedur akuntansi yang digunakan. Perbedaan-perbedaan tersebut disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan serta keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh Daerah. Namun demikian, penyesuaian-penyesuaian tersebut tidak mempengaruhi proses akuntansi untuk menghasilkan informasi akuntansi yang bermanfaat untuk penyusunan laporan keuangan, karena secara umum telah memenuhi prinsip-prinsip dasar akuntansi yang ada dalam Kepmendagri No. 29 Tahun 2002.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5515
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Lembar Pengesahan.pdf 22.13Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.83Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.56Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.80Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.28Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.70Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 72.76Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 23.74Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 70.63Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.99Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record